TribunMedan/

Percepat Program Pembangunan Sejuta Rumah, PT SMF Lakukan Hal Ini

PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) terus melakukan upaya untuk meningkatkan volume Kredit Pemilikan Rumah (KPR) melalui

Percepat Program Pembangunan Sejuta Rumah, PT SMF Lakukan Hal Ini
Tribun Medan/Fatah
Direktur SMF Trisnadi Yurisman (kedua dari kiri) beserta jajaran berpose bersama Pemimpin Perusahaan Harian Tribun Medan, Setiawan saat kegiatan audiensi di Kantor Tribun Medan, Senin (3/12/2017). 

Lappran Wartawan Tribun-Medan/ Fatah Baginda Gorby

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) terus melakukan upaya untuk meningkatkan volume Kredit Pemilikan Rumah (KPR) melalui penyaluran pinjaman kepada Bank Pembangunan Daerah.

Tujuannya untuk mendukung Program Sejuta Rumah yang dicanangkan oleh Pemerintah.

"Dalam hal ini dukungan Pemerintah Daerah sangat diperlukan untuk mendorong dan memperluas kesempatan masyarakat dalam memiliki rumah yang layak di berbagai pelosok Indonesia," ujar Direktur SMF, Trisnadi Yulrisman saat kegiatan audiensi di Kantor Harian Tribun Medan, Senin (3/12/2017).

Trisnadi mengatakan bahwa sesuai dengan Program Kerja Perseroan di tahun ini, Program Pembiayaan terus dilakukan dengan memperluas jangkauan pembiayaan kepada seluruh BPD di Indonesia, khususnya di luar Pulau Jawa.

Baca: Bukan Siklus Tropis Dahlia dan Cempaka, Inilah Penyebab Seringnya Hujan di Sumut

“Kami telah bekerja sama dengan 26 Bank BPD, diantaranya 11 BPD telah mendapatkan pembiayaan SMF, dan tercatat 15 BPD melakukan MOU, SMF telah melakukan kegiatan berupa pelatihan KPR baik secara kolektif maupun ekslusif di masing-masing BPD," ujarnya.

Selain itu, tambah Trisnadi untuk mendorong penyaluran KPR di daerah, BUMN yang terbentuk sejak 2005 itu, juga telah menyusun dan menyerahkan Standard Prosedur Operasi (SPO) KPR BPD SMF, SPO Kredit Modal Kerja–Konstruksi Perumahan SMF (KMK–KP SMF), dan SPO Pembiayan Pemilikan Rumah (PPR) Syariah.

Baca: Polisi Ini Rela Dorong Angkot Mogok saat Kemacetan Terjadi di Depan Pintu Tol Amplas

Pihak yang diajak kerjasama juga seperti Kementerian PUPR dan Asosiasi Bank Daerah (Asbanda), Asosiasi Bank Syariah Indonesia, (Asbisindo), dan Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI.

Terkait urgensi peran BPD, Trisnadi mengatakan bahwa BPD mempunyai peran penting dalam mendukung penyelenggaraan Program Sejuta Rumah terutama di daerahnya masing-masing.

Hal tersebut menurutnya karena BPD sebagai sistem perbankan lokal dapat lebih efisien dalam memfasilitasi masyarakat yang membutuhkan perumahan, BPD cenderung lebih spesifik mengenal karakteristik masyarakat di daerah masing-masing.

Baca: Depan Mapolda Sumut Banjir, Pengendara Roda 4 Disarankan Menggunakan Jalan Tol

Terkait profil SMF, Trisnadi menjelaskan SMF merupakan BUMN yang didirikan pada tahun 2005 di bawah Kementerian Keuangan yang mengemban tugas membangun dan mengembangkan Pasar Pembiayaan Sekunder Perumahan melalui kegiatan sekuritisasi dan pembiayaan.

"SMF memilki kontribusi penting dalam menyediakan dana menengah panjang bagi pembiayaan perumahan melalui kegiatan sekuritisasi dan pembiayaan," jelasnya.(*)

Penulis: Fatah Baginda Gorby Siregar
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help