TribunMedan/

Bisa lihat Keindahan Pemandangan Pulau Samosir dari Bukit Senyum Motung Ajibata

Berkunjung ke perbukitan Motung Kecamatan Ajibata, Toba Samosir memberi kesan yang luar biasa.

Bisa lihat Keindahan Pemandangan Pulau Samosir dari Bukit Senyum Motung Ajibata
Tribun Medan/Arjuna
Danau Toba dari Bukit Senyum Motung, Kecamatan Ajibata, Tobasa, Selasa (5/4/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Arjuna Bakkara

TRIBUN-MEDAN.COM, TOBASA- Berkunjung ke perbukitan Motung Kecamatan Ajibata, Toba Samosir memberi kesan yang luar biasa.

Usai melewati jalan terjal berkelok, sedikit menurun dan melalui pengunjung yang datang akan disambut pemandangan surgawi.

Amatan Harian Tribun Medan/Tribunmedan.com, Selasa (5/12/2017) para warga sekitar selalu menyambut pengunjung dengan penuh keramahtamahan. Uniknya, mereka tidak meminta uang parkir bahkan retribusi apa pun dari para pengunjung.

Menurutnya, beberapa titik keindahan Danau Toba sudah banyak diketahui para pelancong, baik wisatawan mancanegara maupun domestik. Namun, berbeda dengan desa tersebut.

"Secara umum orang-orang yang tinggal disekitar Danau Toba maupun warga Sumut belum tentu mengetahui keberadaan tempat ini. Tapi begitupun, ada juga beberapa turis yang datang kemari," jelasnya.

Danau Toba dari Bukit Senyum Motung, Kecamatan Ajibata, Tobasa, Selasa (5/4/2017).
Danau Toba dari Bukit Senyum Motung, Kecamatan Ajibata, Tobasa, Selasa (5/4/2017). (Tribun Medan/Arjuna)

Katanya, berdasarkan sejarahnya lahan tersebut adalah hak ulayat bersama yang terdiri dari Raja Bius Empat marga di Motung, yakni Manurung, Sitorus, Ambarita dan Sirait. Bukit Senyum Motung salah satu titik pegunungan Danau Toba. Dari Pasar Tradisional Ajbata berjarak kurang lebih 7 Km dan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat juga roda dua.

Sesampainya di lokasi, pengunjung disuguhkan keindahan yang memukau. Bukit-bukit hijau melambai-lambaikan daunnya. Kapal-kapal penumpang tampak jelas melintas di atas Danau.

Dari bukit ini, pulau Samosir terlihat jelas. Termasuk kota wisata Parapat. Udara masih sejuk, semilir anginnya terasa lembut menyentuh tubuh. Dibawah lokasi ini terdapat warga yang sumber kehidupannya bertangkap ikan "Mardoton".

Heru menambahkan, saat ini objek tersebut dikenal dengan nama'Bukit Senyum'. Disebut bukit senyum dikarenakan keindahan panoramanya yang menyimpan sejuta pesona. Namun nama aslinya adalah Sitanggiting yang bersentuhan langsung dengan tanam-tanaman warga. (Cr1/tribunmedan.com)

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Silfa Humairah
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help