TribunMedan/

Alamak! Perahu Karet Pemkab Deliserdang Rusak saat Banjir Datang

Informasi yang dihimpun Tribun, perahu karet milik Pemkab saat ini sedang berada di dalam gudang Dinas Sosial Deliserdang.

Alamak! Perahu Karet Pemkab Deliserdang Rusak saat Banjir Datang
Tribun Medan/Indra
Personil kepolisian membantu warga Desa Bangun Sari Baru Kecamatan Tanjung Morawa, Deliserdang yang menjadi korban banjir Rabu, (6/12). 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Indra Gunawan Sipahutar

TRIBUN-MEDAN.COM, LUBUKPAKAM - Dua unit perahu karet milik Pemkab Deliserdang tidak dapat dipergunakan untuk menolong warga yang saat ini menjadi korban banjir di berbagai Kecamatan di Kabupaten Deliserdang.

Seperti di Kecamatan Tanjung Morawa, perahu karet yang diturunkan hanyalah milik polisi.

Sementara perahu karet milik Pemkab tidak ada dilokasi banjir.

Informasi yang dihimpun Tribun, perahu karet milik Pemkab saat ini sedang berada di dalam gudang Dinas Sosial Deliserdang.

Sudah lebih dari dua tahun lamanya perahu karet yang bocor tidak ditempel sehingga tidak dapat dipergunakan.

Baca: Medan Tak Punya Muara Air, Perbaikan Drainase Tak Bisa Cegah Banjir

Kepala BPBD Kabupaten Deliserdang, Z A Hutagalung mengakui tidak ada perahu karet milik Pemkab yang turun ke lokasi banjir khususnya yang didaerah terparah di Perumahan Taman Sari Permai Desa Bangun Sari Baru, Kecamatan Tanjung Morawa.

”Saya tanya kemarin sama orang Dinas Sosial, menurut infonya gak ada perahu karet. Belum bisa dipakai karena rusak. Yang bisa dipakai itu cuma tenda-tenda pengungsi. Kalau itu lengkap dan sudah kita dirikan di lokasi banjir,” ujar Z A Hutagalung Rabu, (6/12/2017).

Ia berpendapat sudah seharusnya Dinas Sosial dalam hal ini harus secepatnya memperbaiki perahu karet yang rusak agar apabila ada bencana banjir tiba-tiba bisa secepatnya dipakai.

Disebut Pemkab harus memiliki perlengkapan yang sudah stanbay untuk mengatasi persoalan bencana.

Untuk di Deliserdang satu-satunya kawasan yang paling parah terendam banjir adalah Desa Bangun Sari Baru Kecamatan Tanjung Morawa.

Meski pada Rabu siang air ketinggian air sudah tidak separah dari hari pertama yakni Selasa, (5/12/2017) namun tetap saja aktivitas warga masih terganggu.

Di Desa ini perahu karet yang tampak salah satunya adalah perahu karet milik kepolisian.

Meski kecil dan tidak sebesar milik Pemkab namun untuk keberadaannya sangat bermanfaat bagi warga. Dengan perahu karet ini polisi pun membantu warga untuk melintas dan membagi-bagikan bantuan.(*)

Penulis: Indra Gunawan
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help