TribunMedan/
Home »

Sumut

Konjen Jepang Takeshi Ishii: Hubungan Kerjasama Jepang dan Indonesia Makin Erat

Hubungan Sumatera Utara semakin erat dengan Jepang melalui bidang persahabatan dan pertukaran personel

Konjen Jepang Takeshi Ishii: Hubungan Kerjasama Jepang dan Indonesia Makin Erat
Peringatan resepsi ulang tahun Kaisar Jepang Akihito di Hotel Grand Aston Medan, Selasa (5/12/2017) 

TRIBUN-MEDAN.com - Hubungan Sumatera Utara semakin erat dengan Jepang melalui bidang persahabatan dan pertukaran personel, program ini dilakukan melalui kunjungan timbal balik pelajar SMA diantara kota kembar atau sister city.

"Sister city kota Ichikawa dengan kota Medan terus diadakan, dan pada tahun ini siswa-siswi SMA dari Kota Ichikawa berkunjung ke Medan dan mengikuti kegiatan menginap di rumah orang tua angkat," kata Konsul Jenderal Jepang Takeshi Ishii pada resepsi ulang tahun Kaisar di Hotel Grand Aston Hotel, Medan (5/12/2017).

Katanya, hubungan tersebut tidak hanya dalam pertukaran personel namun juga bidang politik, ekonomi, budaya dan berbagai bidang penting lainnya tetap terus dipertahuankan.

"Bapak Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi juga telah melakukan kunjungan ke Jepang pada minggu yang lalu dalam rangka kerjasama antara Jepang dan Indonesia di bidang ICT untuk memenuhi undangan dari pemerintah Jepang untuk mengetahui informasi tentang kebencanaan di Jebang," ujarnya.

Menurutnya hubungan antara Jepang dan Indonesia katanya dari tahun ke tahun terus berlanjut dengan baik.

Tahun ini, hubungan Jepang dan Indonesia dimulai dengan kunjungan Pertana Menteri Jepang, Shinzo Abe ke Indonesia pada bulan Januari.

Begitu juga pada Konfrensi Tingkat Tinggi APEC yang diadakan di Filipina pada bulan November yang lalu, Perdana Menteri Abe dan Presiden Jokowi melaksanakan pertemuan tingkat tinggi yang kedua kalinya di tahun ini.

Kunjungan Perdana Menteri Abe dibalas oleh Indonesia di mana pada bulan Juni yang lalu, Wakil Presiden Yusuf Kalla dan beberapa menteri dari kabinet kerja pemerintahan Indonesia berkunjung ke Jepang dan berdiskusi denga para petinggi pemerintahan Jepang.

Di bidang kerjasama ekonomi, pemerintah Jepang memiliki skema kerjasama ekonomi yang terkait erat dengan daerah yang disebut Bantuan Hibah untuk Proyek Grassroots.

"Pada tahun ini kami Konsulat Jenderal Jepang di Medan berencana mendanai 2,7 miliar rupiah untuk pembangunan gedung sekolah SMP," ujar Takeshi Ishii.

Sementara itu di bidang energi, perusahaan utama Jepang terlibat dalam investasi konstruksi dan operasi pembangkit listrik tenaga panas bumi di Sarulla, Kabupaten Tapanuli Utara dan di antara tiga unit generator yang direncanakan sudah dua unit mulai beroperasi.

"Jika unit ketiganya sudah selesai dibangun, PLT Sarulla ini mampu menghasilkan tenaga listrik sebesar 330 MW, dan diharapkan dapat meningkatkan kondisi energi listrik di Sumatera Utara termasuk di Kota Medan," katanya.

Pada acara resepsi ulang tahun kaisar tersebut dihadiri oleh Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Binsar Situmorang dan undangan dari konsulat yang ada di Kota Medan.

Menurut Takeshi Ishii, Kaisar Akihito yang berulang tahun ke 84 pada 23 Desember mendatang tetap dapat menjalankan aktivitas mustahaknya sehari-hari dengan sehat walafiat.

Penulis: Fahrizal Fahmi Daulay
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help