TribunMedan/
Home »

Sumut

Gempa Padangsidimpuan

Gempa Berkekuatan 3,2 SR Goncang Padangsidempuan, Warga Diharap Jangan Panik

Gempabumi berkekuatan 3,2 SR mengguncang wilayah Padangsidempuan pukul 07.38 WIB,

Gempa Berkekuatan 3,2 SR Goncang Padangsidempuan, Warga Diharap Jangan Panik
istimewa
Titik koordinat episenter pada 1,49 LU dan 99,25 BT. Tepatnya berlokasi 10 km arah BaratDaya Tapanuli Selatan, Sumatera Utara di kedalaman 10 km. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Victory Arrival Hutauruk

Tribun-Medan.com, MEDAN - Gempabumi berkekuatan 3,2 SR mengguncang wilayah Padangsidempuan pukul 07.38 WIB, Kamis (7/12/2017).

Informasi yang dihimpun Tribun-Medan.com, titik koordinat episenter pada 1,49 LU dan 99,25 BT. Tepatnya berlokasi 10 km arah BaratDaya Tapanuli Selatan, Sumatera Utara di kedalaman 10 km.

Kepala BBMKG Wilayah I, Edison Kurniawan mengatakan belum mendapatkan laporan kerusakan yang berarti dari lokasi kejadian.

"Analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di Padang Sidempuan dengan intensitas gempabumi I-II SIG-BMKG (II-III MMI). Namun sampai saat ini belum ada laporan kerusakan dari lapangan," katanya.

Ia menjelaskan gempa yang terjadi termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal. Serta berdasarkan karakteristik sinyal menunjukkan jenis gempabumi tektonik.

Baca: Kota Padangsidimpuan Diguncang Gempa Pagi Ini

"Kami duga ini akibat aktivitas Sesar Sumatera pada Segmen Angkola," jelas Edison.

Pria yang mengenakan pakaian dinas lengkap ini menghimbau masyarakat disekitar wilayah Kota Padangsidempuan agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bertangjungjawab. "Masyarakat juga dihimbau untuk mengikuti arahan Pemerintah daerah melalui BPBD dan mengikuti perkembangan informasi gempabumi susulan dari BMKG," pungkasnya.

(cr10/tribunmedan.com)

Penulis: Victory Arrival Hutauruk
Editor: Silfa Humairah
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help