TribunMedan/

Hendrik Memimpin GPEI, Nilai Ekspor Meningkat dan akan Melaksanakan 3 Program Penting Ini

Meransang minat pengusaha meningkatkan perdagangan ke luar negeri, pemerintah diminta mempermudah jasa pelayanan di pelabuhan.

Hendrik Memimpin GPEI, Nilai Ekspor Meningkat dan akan Melaksanakan 3 Program Penting Ini
Tribun Medan / HO
Ketua ISKA Sumut Hendrik H Sitompul menyerahan cendramata kepada Wakil Ketua KPK Saut Situmorang disaksikan Rektor Universitas Katolik ST. Thomas Pastor Frietz Tambunan, belum lama ini. (Tribun Medan / HO) 

TRIBUN-MEDAN.COM - Meransang minat pengusaha meningkatkan perdagangan ke luar negeri, pemerintah diminta mempermudah jasa pelayanan di pelabuhan.

Ketua Gabungan Pengusaha Ekspor Indonesia (GPEI) Provinsi Sumut Hendrik Sitompul menjelaskan frekwensi ekspor hingga penghujung tahun 2017 dalam neraca perdagangan Sumut jauh lebih baik dari sebelumnya, bahkan surplus 3,368 miliar dolar AS.

Hal ini disampaikan Hendrik saat mendampingi sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP GPEI pada rapat dengan sejumlah asosiasi pelaku usaha di sumut GAPKINDO, APINDO, AEKI, ASKINDO, GPEI, DEPALINDO di kantor GAPKINDO Medan, belum lama ini. 

“Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) hingga Agustus 2017, nilai ekspor Sumut sudah mencapai 6,145 miliar dolar AS, sementara import sebesar 2,777 miliar dolar AS. Kita melihat neraca perdagangan Sumut ini masih tetap surplus,” tutur Hendrik yang juga alumni PPRA 52 Lemhanas RI ini. 

Pada periode ini nilai ekspor dari 4,816 miliar dolar AS menjadi 6,145 miliar dolar AS (Januari-Agustus) alias naik 27,60 persen.

Hal yang sama juga terjadi di nilai impor, yakni meningkat dari 2,483 miliar dolar AS menjadi 2,777 miliar dolar AS alias naik 11,83 persen.

Ditambahkan Hendrik, nilai ekspor Sumut masih didominasi sektor industri 79,26 persen, yakni menyumbang 4,089 miliar dolar AS.

Menilik hal ini ia akan fokus terhadap tiga program GPEI, yakni konsolidasi kepada para eksportir, menginventarisasi masalah pengusaha jasa angkutan laut, dan meninjau ulang keberadaan GPEI ke Menteri Perhubungan.

Komandan Korps Marinir TNI AL, Mayjen TNI  Marinir Bambang Suswantono dan Anggota DPRD Kota Medan Hendrik H Sitompul
Komandan Korps Marinir TNI AL, Mayjen TNI Marinir Bambang Suswantono dan Anggota DPRD Kota Medan Hendrik H Sitompul (IST)

Baca: Bersahabat dengan Mayjen Bambang Suswantono , Hendrik Sitompul Hadiri Upacara HUT 72 Korps Marinir

Baca: Hendrik Sitompul Laporkan Kartel Perusahaan yang Memonopoli Proyek di Medan ke KPK

Halaman
12
Penulis: Hendrik Naipospos
Editor: Hendrik Naipospos
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help