Home »

Cetak

Edisi Cetak Tribun Medan

Marsekal Hadi Jadi Panglima TNI, Siapa Kandidat KSAU?

Marsekal Hadi Tjahjanto sudah ditetapkan sebagai Panglima TNI, sehingga otomatis kursi KSAU yang selama ini ia duduki kosong

Marsekal Hadi Jadi Panglima TNI, Siapa Kandidat KSAU?
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Marsekal Hadi Tjahjanto (depan) menghadiri Sidang Paripurna DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (7/12/2017). DPR menyetujui Marsekal Hadi Tjahjanto untuk diangkat menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo. 

TRIBUN-MEDAN.COM - Marsekal Hadi Tjahjanto sudah ditetapkan sebagai Panglima TNI, sehingga otomatis kursi KSAU yang selama ini ia duduki kosong, dan harus diisi perwira tinggi TNI Angkatan Udara (AU) lain.

Hadi merupakan alumni Akabari Udara 1986. Saat dipilih Presiden Joko Widodo jadi Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) awal 2017, Hadi menggantikan Marsekal Agus Supriatna, yang merupakan alumni Akabri Udara 1983.

Hingga kini masih terdapat para perwira yang lebih senior daripada Hadi. Mereka lulusan Akabri Udara 1983, 1984, dan 1985. Itu belum termasuk para perwira '86 yang merupakan teman seangkatan Hadi.

Siapa saja yang berpeluang menjadi KSAU menggantikan Hadi? Ada nama Marsekal Muda (Marsda) TNI Yuyu Sutisna. Yuyu disebut-sebut memiliki peluang terkuat untuk menggantikan Hadi sebagai KSAU.

Yuyu dan Hadi memiliki hubungan dekat. Keduanya pun alumni Akabari Udara 1986.

Baca: Marsekal Hadi Dilantik Jadi Panglima TNI, Gatot Nurmantyo Tebar Senyum

Apalagi Akabri 1986 dikenal sebagai angkatan yang solid. Sejak Hadi menjabat KSAU, nyaris seluruh posisi strategis di TNI AU dijabat para perwira lulusan tahun tersebut. Mulai Wakil KSAU, Irjen AU, hingga sejumlah Asisten KSAU.

Yuyu saat ini menjabat sebagai Wakil KSAU dan pangkatnya segera naik menjadi bintang tiga. Yuyu sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf di Koopsau I dan Pangkohanudnas.

Sementara itu alumni 1985 Akabri Udara mungkin bisa disebut "memprihatinkan". Dibandingkan lulusan tahun yang sama dari matra darat dan laut, hanya mereka (Akabri Udara lulusan 1985) yang belum memiliki perwira berbintang tiga.

Baca: Gantikan Gatot Nurmantyo sebagai Panglima TNI, Berikut Riwayat Jabatan Marsekal Hadi

Halaman
12
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help