TribunMedan/

Pilkada Serentak 2018

Prabowo Usung Eks Menteri Jokowi di Pilgub Jateng, Bisakah Sesukses Anies di Pilgub Jakarta?

Dalam sambutannya, Sudirman menyebut kepercayaan terhadap dirinya merupakan peristiwa "bersejarah".

Prabowo Usung Eks Menteri Jokowi di Pilgub Jateng, Bisakah Sesukses Anies di Pilgub Jakarta?
KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said memenuhi panggilan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) dalam sidang terbuka di Gedung Parlemen, Jakarta, Rabu (2/12/2015). 

Sudirman Said, yang baru saja ditunjuk secara resmi oleh Partai Gerindra sebagai cagub Jateng, Rabu (13/12), mengatakan berterima kasih atas penunjukan dirinya itu, apalagi dia mengaku bukan kader Partai Gerindra.

Dalam sambutannya, Sudirman menyebut kepercayaan terhadap dirinya merupakan peristiwa "bersejarah".

Dia kemudian mengaitkan penunjukannya itu dengan peristiwa kemenangan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta lalu.

"Setelah kemenangan pasangan Anies dan Sandiaga di DKI, Gerindra memberikan kesempatan bagi individu dari luar yang dipandang mampu memenuhi syarat-syarat dari Gerindra," kata Sudirman Said.

Sudirman Said, kelahiran Brebes, 1963, adalah mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada Kabinet Jokowi-JK sebelum dicopot pada akhir Juli 2016.

Pencopotan itu terjadi setelah terjadi perbedaan pendapat antara Menko Kemaritiman Rizal Ramli dan Sudirman Said.

Polemik keduanya tentang investasi di Blok Masela di Maluku tidak hanya terungkap di berita-berita di media massa tapi juga sampai ke media sosial. Belakangan Jokowi memberhentikan Rizal dan Sudirman dari jabatan menteri.

Sudirman SaidCuplikan adu argumen Rizal Ramli dan Sudirman Said pada pertengahan 2016/TWITTER.

Bagaimanapun, Sudirman sebelumnya pernah terlibat upaya pemberantasan korupsi, dengan ikut mendirikan Masyarakat Transparansi Indonesia (MTI) dengan sejumlah tokoh lainnya.

Beberapa kali dia ikut mendukung KPK ketika mengalami apa yang disebut sebagai kriminalisasi terhadap lembaga anti rasuah itu.

Sudirman dikenal pula banyak berkecimpung di dunia industri minyak dan gas. Dia juga pernah ditunjuk sebagai Direktur Utama PT Pindad sebelum dipercaya sebagai Menteri ESDM (2014-2016).

Halaman
12
Editor: Tariden Turnip
Sumber: bbc
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help