TribunMedan/
Home »

Taput

Waspada! Taput Rawan Rawan Longsor, BPBD Catat Sudah 44 Kejadian Bencana

Kejadian tersebut terdiri dari 36 bencana tanah longsor, 7 bencana banjir dan pohon tumbang.

Waspada! Taput Rawan Rawan Longsor, BPBD Catat Sudah 44 Kejadian Bencana
TRIBUN MEDAN/ Arjuna Bakkara
Lokasi yang rawan longsor di Wilayah Kabupaten Taput 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Arjuna Bakkara
 

TRIBUN-MEDAN.Com, TARUTUNG-Musim penghujan diperkirakan bakal masih mengguyur wilayah Kabupaten Tapanuli Utara (Taput). Beberapa lokasi berbukit yang memiliki kemiringan tampak rawan longsor seperti terpantau di Kecamatan Tarutung, Siborongborong, Siatasbarita, Sipahutar, Pahae Julu, Purbatua, Pahae Jae dan Simangumban, Rabu (13/12/2017).

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah Taput, Febrina Tampubolon mengamini, Kabupaten Taput tergolong wilayah yang rawan bencana. Potensi bencana yang terjadi yakni tanah longsor, banjir maupun gempa.

"Kondisi geografis wilayah yang dikelilingi lembah dan perbukitan yang curam juga menjadi faktor kerawanan bencana," sebutnya.

Katanya, ada total 44 kejadian bencana berdasarkan data rekapitulasi BPBD Taput selama periode Januari-November 2017. Kejadian tersebut terdiri dari 36 bencana tanah longsor, 7 bencana banjir dan pohon tumbang.

Baca: Averiana Barus, Raih Penghargaan Wanita Inspiratif 2017 karena Lestarikan Uis

Baca: Ini Kader Ketiga Golkar yang Daftar Bakal Calon Wakil Gubernur Pendamping Tengku Erry

Hampir seluruh wilayah kecamatan di Taput rawan longsor kecuali Kecamatan Purba Tua. Sementara kecamatan yang juga termasuk rawan banjir yaitu Kecamatan Tarutung, Kecamatan Pahae Jae dan KecamatanbPahae Julu.

 Menurutnya, tingginya curah hujan dikhawatirkan rawan menimbulkan banjir. Apalagi daerah yang berdekatan dengan berpotensi banjir hingga jebolnya irigasi yang merusak areal persawahan.

Disinggung soal upaya penanggulangan dan pencegahannya, dia mengaku sudah berkomunikasi dengan masyarakat. Terutama masyarakat yang tinggal di daerah rawan.

Halaman
12
Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help