Sebelum Ditutup, Yuk Ikut Tanam Pohon dan Bersih-bersih Gunung Prau

Perhutani dan para penggiat Gunung Praubakal mengadakan seremonial penutupan jalur berupa kegiatan

Sebelum Ditutup, Yuk Ikut Tanam Pohon dan Bersih-bersih Gunung Prau
Yayasan Konservasi Gunung Prau / PAULUS NUGRAHAJATI Jalur Pendakian Gunung Prau via Dusun Wates, Kecamatan Kalijajar, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. 

TRIBUN-MEDAN.COM, JAKARTA - Perhutani dan para penggiat Gunung Praubakal mengadakan seremonial penutupan jalur berupa kegiatan konservasi.

Kegiatan itu diadaka dalam rangka penutupan jalurpendakian Gunung Prau, Jawa Tengah di awal tahun 2018,

Dalam seremonial yang diadakan pada 6-7 Januari 2018 ini akan diadakan berbagai kegiatan, dan berpusat di Puncak Gunung Prau.

Kegiatan yang dilakukan mulai dari menanam pohon, memperbaiki jalur pendakian hingga bersih-bersih gunung.

"Selama penutupan dilaksanakan kegiatan konservasi, perbaikan jalur-jalur pendakian oleh basecamp-basecamp," ujar Herman Sutrisno, Kepala Urusan Komunikasi Perusahaan Perhutani KPH Kedu Utara Divisi Regional Jawa Tengah, saat dihubungi KompasTravel, Rabu (13/11/2017).

Ribuan pendaki berada di puncak Gunung Prau, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah
Ribuan pendaki berada di puncak Gunung Prau, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah (KOMPAS.com/NAZAR NURDIN)

Menurutnya ini bertujuan untuk keamanan, kenyamanan pendaki setelah masa penutupan pendakian tersebut. Nantinya, pendaki dari setiap basecamp akan membawa paling sedikit 500 bibit pohon untuk ditanam.

Penutupan dan aksi penghijauan yang dilakukan merupakan kesepakatan dari semua basecamp yang tergabung dalam Forum Koordinasi Gunung Prau Indonesia (FKPI). Ada delapan basecamp, berasal dari lima kabupaten berbeda, yaitu Pranten, Dwarawati, Dieng, Kalilembu, Patakbanteng, Igirmranak, Wates, dan Kenjuran. 

FKPI dan Perum Perhutani Kedu Utara mengajak masyarakat pecinta alam dan para pendaki gunung untuk turut serta meramaikan kegiatan tersebut. Caranya, bisa menghubungi basecamp-basecamp Gunung Prau terdekat, sebelum 6 Januari 2018.

Penutupan Gunung Prau sendiri akan dimulai sejak 5 Januari 2018 - 4 April 2018. Ini merupakan kebijakan tahunan, yang dilakukan FKPI untuk menjaga keseimbangan alam, setelah sembilan bulan gunung didaki.

Berita ini sudah tayang di Kompas.com dengan judul Sebelum Ditutup, Yuk Ikut Tanam Pohon dan Bersih-bersih Gunung Prau

Editor: Silfa Humairah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help