Saat Dominasinya Mulai Digerus Xpander, Avanza Dikabarkan Jadi Angkot Jakarta!

Selama ini Avanza identik dengan imej mobil keluarga. Nah info terbaru Avanza bakal jadi armada angkot di Jakarta!

Saat Dominasinya Mulai Digerus Xpander, Avanza Dikabarkan Jadi Angkot Jakarta!
Aditya Maulana - Otomania
Avanza Transmover 

TRIBUN-MEDAN.COM - Saat kehadiran kompetitor Mitsubishi Xpander mulai menggerus pasar Avanza di segmen LMPV, ada kabar mengejutkan yang mungkin terdengar aneh.

Selama ini Avanza identik dengan imej mobil keluarga. Nah info terbaru Avanza bakal jadi armada angkot di Jakarta!

Informasi ini dimunculkan Ketua Organda DKI Jakarta Shafruhan Sinungan.

Shafruhan menjelaskan tahun depan angkutan kota ( angkot) akan direvitalisasi, khususnya untuk kendaraan mini bus.

Langkah ini diambil sebagai penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang tertuang dalam Permenhub 29 Tahun 2015 dan diterakan mulai Februari 2018.

"Revitalisasi angkot kita sudah tidak pakai modifikasi karoseri, tapi langsung pabrikan. Artinya kita gunakan unit yang diproduksi oleh pihak Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM). Nah, untuk mereknya apa saja itu kita bebaskan ke tiap pihak pengelola atau pengusaha angkot," ucap Shafruhan kepada KompasOtomotif, Jumat (16/12/2017).

Safruhan menjelaskan secara spesifikasi dari unit mobil yang akan digunakan untuk angkot tidak ada ubahan secara khusus, hanya saja bangku pada baris kedua di sebelah kiri akan dihilangkan sebagai akses keluar masuk penumpang.

Pemilihan unit dari ATPM dilakukan untuk memberikan pelayanan lebih bagi masyarakat, selain itu dari sisiafter sales juga lebih terjamin.

Menariknya, ketika ia mengirimkan foto dua sampel mobil dari pabrikan yang akan digunakan sebagai angkot, ternyata menggunakan Toyota Avanza dan Wuling, namun ia tidak ingin berbicara banyak soal detil kendaraan tersebut.

"Dua contoh ini sudah kita tunjukan ke Gubernur dan beliau mengapresiasi saat soft launching OK Otrip. Untuk tipenya apa nantilah, kita tidak jualan merek di sini, makanya tadi saya bilang koperasi bebas gunakan mereka apa saja asal itu unit pabrikan dan nyaman digunakan," ujar Safruhan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menempelkan kartu OK Otrip ke mesin pembaca kartu yang ada di dalam angkot KWK dalam rangka uji coba OK Otrip di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (14/12/2017).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menempelkan kartu OK Otrip ke mesin pembaca kartu yang ada di dalam angkot KWK dalam rangka uji coba OK Otrip di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (14/12/2017).(KOMPAS.com/NURSITA SARI)
Halaman
123
Editor: Tariden Turnip
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help