Home »

Sumut

Ini Rute Alternatif bagi Pelancong ke Danau Toba, Polisi Bikin Rekasaya Lalu-lintas

Dari Kota Pematangsiantar menuju Parapat atau Kabupaten Tobasa bisa melalui Simpang Palang menuju Simpang Sitahoan.

Ini Rute Alternatif bagi Pelancong ke Danau Toba, Polisi Bikin Rekasaya Lalu-lintas
Tribun Medan/Abdi Tumanggor
Jalan Lingkar Pusuk Buhit menuju objek wisata Danau Toba, Samosir, Kamis (14/12/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Array A Argus

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Momen libur panjang natal dan tahun baru kerap dimanfaatkan masyarakat untuk pergi berlibur. Di Sumatera Utara sendiri, kawasan Danau Toba, Kabupaten Simalungun masih menjadi tujuan utama wisatawan mengisi libur bersama keluarga.

Kapolres Simalungun, AKBP Marudut Liberty Panjaitan mengatakan, selama libur panjang, ada rekayasa lalulintas. Kata dia, masyarakat harus tau rute alternatif ke kawasan Danau Toba.

"Rute yang akan mengurangi kemacetan terutama untuk jalur Pematangsiantar-Parapat-Tobasa dan Samosir itu sudah disusun. Bagi masyarakat yang akan menuju Pelabuhan Ajibata dapat melalui Simpang Gideon Kabupaten Tobasa, bisa melintas melalui Simpang Motung hingga tiba di Pelabuhan Ajibata," kata Marudut, Sabtu (23/12/2017).

Untuk pengendara yang akan keluar dari Pelabuhan Ajibata, kata dia, dapat melintas di Jalan Josep Sinaga ke Jalan Merdeka. Kemudian, sambung Marudut, belok ke kanan melalui Simpang Rumah Sakit. Rute ini bisa digunakan bagi mereka yang hendak menuju Tobasa.

Baca: Mobil AC Tabrak Pesawat SIlk Air, PT JAES Sampaikan Klarifikasi

Baca: Mau Maju ke Pilgub Sumut, Djarot Saiful Hidayat : Kalau Diputuskan, Kenapa Tidak?

"Masyarakat yang akan keluar dari Pelabuhan Ajibata hendak ke Pematangsiantar bisa melintas di Jalan Josep Sinaga simpang SPBU Sirait. Kemudian, masyarakat yang datang dari Kota Pematangsiantar menuju Parapat atau Kabupaten Tobasa bisa melalui Simpang Palang menuju Simpang Sitahoan. Kemudian, arah ke kanan menuju Parapat, sedangkan. Ke kini menuju Tobasa, Ajibata, Balige dan Taput," ungkap Marudut.

Sedangkan bagi masyarakat yang datang dari Parapat menuju Pematangsiantar, dapat melintas di Jalan Nasional Parapat-Pematangsiantar. Untuk Jalan Sisingamangaraja Parapat, rencananya akan dibuat dua lajur.

"Lajur pertama bagi kendaraan yang akan menuju objek wisata Parapat sebelah kiri pengemudi. Lajur dua bagi kendaraan yang akan menuju Pematangsiantar, sebelah kanan pengemudi," katanya.

Untuk mereka yang akan menginap di kawasan Danau Toba, lanjut Marudut, kantong parkir sudah disediakan. Diantara kantong parkir itu berada di Hotel Niagara, Terminal Sosor Saba Parapat, Message Bhayangkara, Hotel Arsari, Mapolsek Parapat, dan Parapat Jaya.(Ray/tribun-medan.com)

Penulis: ArgusA
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help