Lokasi Wisata Aek Soda Dibuka Gratis untuk Pengunjung

Pengelola justru tidak memungut retribusi bagi pengunjung yang berendam ke kolam, meski telah ramai dikunjungi

Lokasi Wisata Aek Soda Dibuka Gratis untuk Pengunjung
TRIBUN MEDAN/ Arjuna Bakkara
Minar Sihite (81) di sela-sela kesibukannnya memperhatikan kolam air sodanya, Jumat (29/12/2017) 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Arjuna Bakkara

TRIBUN-MEDAN.Com, TARUTUNG-Berkunjung ke Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), wisatawan bisa menikmati sensasi berendam di dalam air soda. Lokasi tersebut berada di Desa Parbubu I, Kecamatan Tarutung. Pemandian ini tergolong langka, dan hanya ada dua di dunia. Satu kolam di negara Venezuela dan satunya lagi di Tarutung.

Pantauan Tribun, berbagai jenis kendaraan memadati lokasi parkiran sekitar areal. Pengunjung memenuhi kolam berkedalaman 160 sentimeter dan berbentuk setengah lingkaran ini berdiameter 50 meter ini. Pengunjung berendam ria menikmati liburan mereka, Jumat (29/12/2017).

Uniknya, tempat rekreasi satu ini berbeda dengan tempat wisata lain. Bukan saja airnya yang memiliki soda menjadi ketak perbedaan, tapi pengunjung begitu dimanjakan. Pengelola justru tidak memungut retribusi bagi pengunjung yang berendam ke kolam, meski telah ramai dikunjungi sejak sekitar 30 tahun lalu.

Baca: Teman-temannya Ditembak Mati, Begini Pengakuan Begal yang Masih Hidup

Baca: Waspada! Banyak Baredar Produk Kedaluwarsa di Akhir Tahun, Modus Cuci Gudang

"Kia memang tak mau memungut retribusi mandi. Biarlah pengunjung mandi sepuasnya,"Ujar pengelola sekaligus pemilik tempat, Minar Sihite (81).

Kata Nenek bercucu 27 orang ini, keunikan alam yang dia temukan dan vulgar pada 1973 tersebut adalah anugerah Tuhan Yang Maha Esa. Jadi, pengunjung cukup makan dan minum di warung-warung yang disediakan.

Selain itu, mantan Bidan ini menuturkan yang terpenting pengunjung menjaga sopan santun. Tidak dibenarkan memakai pakaian yang terlalu bikini, sekalipun masih anak-anak

Pernah Mau Diambil alih Pemkab

Halaman
12
Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help