TribunMedan/

Travel

Pengujung Tahun Ramai di Aek Paulak Hosa, Dipercaya Sebagai 'Penyembuh' Lelah

Permandian yang berada di puncak bukit Silalahi dipercayai dapat menghilangkan rasa lelah dari segala aktifitas.

Pengujung Tahun Ramai di Aek Paulak Hosa, Dipercaya Sebagai 'Penyembuh' Lelah
TRIBUN MEDAN/Tommy Simatupang
Pengunjung minum Aek Sipaulak Hosa mengguankan wadah daun sirih, Silalahi, Kabupaten Dairi, Jumat (29/12/2017 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Tommy Simatupang

TRIBUN-MEDAN.com, SIDIKALANG - Pengujung tahun 2017, pengunjung di Permandian Aek Sipaula Hosa (Penyembuh Lelah) semakin ramai. Permandian yang berada di puncak bukit Silalahi dipercayai dapat menghilangkan rasa lelah.

Seorang pengunjung bermarga Silalahi yang datang dari Banten, Jawa Barat mengungkapkan selalu menyempatkan untuk mandi di Aek Sipaulak Hosa jika mengunjungi Sumatera Utara. Ia bersama tiga rekannya juga telah mempersiapkan jeruk purut dan daun sirih.

Jeruk purut ini sebagai pengganti sabun, sedangkan daun sirih sebagai wadah untuk minum.

"Pengujung tahun ini kan kita dapat menyembuhkan rasa lelah selama setahun ini. Usai mandi di sini badan terasa ringan,"ujarnya, Jumat (29/12/2017).

Pantuan Tribun/tribun-medan.com, para mobil ramai terparkir di depan pintu masuk sumber air tersebut. Pengunjung yang masuk menyusuri jalan setapak sedikit ke dalam hutan juga tampak berjejer.

Penjaga Aek Siapulak Hosa, Halomoan Sidabutarsilalahi mengatakan pengunjung akan semakin ramai pada awal tahun. Halomoan yang beedasarkan adat-istiadat memiliki peran menjaga mata air tersebut mengaku pengunjung lebih ramai dari luar Pulau Sumatera.

"Tanggal 1 sampai tanggal 2 itu sangat ramai. Itu mobilnya sampai ke atas,"ujarnya.

Aek Sipaulak Hosa merupakan legenda perjalanan Raja Silahisabungan. Ceritanya, Raja Silahisabungan bersama istrinya yang sedang hamil mendaki gunung untuk menuju Kabupaten Pakpak Bharat.

Namun, dalam perjalanan merasa lelah, maka Rajasilahisabungan membuat sebuah mata air. Lokasi ini pun mulai dibangun pada tahun 1997.

"Air itu didoakan supaya menjadi obat,"pungkasnya.(tmy/tribun-medan.com)

Penulis: Tommy Simatupang
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help