Buaya di Penangkaran Ini Bisa Bertelur Sampai Segini

Buaya di penangkaran Jalan Bunga Raya II, Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayang jumlahnya mencapai 2800 ekor

Buaya di Penangkaran Ini Bisa Bertelur Sampai Segini
Dua pengunjung asal Aceh berswafoto di penangkaran buaya Jalan Bunga Raya II, Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayang, Sumatera Utara. Pada hari libur, jumlah pengunjung bisa ratusan hingga seribuan orang, Senin (1/1/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Array A Argus

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN- Buaya di penangkaran Jalan Bunga Raya II, Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayang jumlahnya mencapai 2800 ekor.

Sejak pertengahan Desember 2017 kemarin, buaya di penangkaran ini sudah mulai memasuki masa bertelur.

"Tiap ekor buaya betina di sini bisa bertelur 30 sampai 80 butir. Nanti, pada bulan Maret dan April 2018, adalah puncak bertelur yang paling banyak," kata Jemari (49) petugas penangkaran buaya Asam Kumbang, Senin (1/1/2017).

Jemari mengatakan, telur-telur buaya itu ditetaskan secara alami. Namun, kata dia, begitu buaya menetas, anakan buaya akan dikumpulkan ke tempat yang lebih aman.

"Untuk menetaskan telur buaya, kami tidak menggunakan inkubator. Kami biarkan saja menetas secara alami. Nanti, anakannya dikumpulkan di kolam-kolam penampungan," katanya.

Baca: Melempar Bebek ke Kolam Buaya Hingga Berfoto Duduk di Atas Buaya Jadi Daya Tarik Wisatawan

Untuk perawatan buaya, sambung Jemari, susah-susah gampang. Namun, lanjutnya, pihak penangkaran terkendala dari sisi stok makanan.

"Makanannya saja yang jadi masalah. Kadang kan perlu banyak bebek untuk memberi makan buaya-buaya ini," terangnya.

Pria yang sudah puluhan tahun mengurusi buaya ini menyebut, tiap pagi dirinya harus mengganti air di kolam penampungan. Kemudian, jadwal makan buaya juga harus diatur.

"Kadang kami beri makan dua hari sekali. Kalau banyak makanan, ya bisa sehari sekali," pungkas Jemari.(Ray/tribun-medan.com)

Tags
buaya siam
Penulis: ArgusA
Editor: Silfa Humairah
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved