Peduli Lingkungan, Laki-laki Disebut Tidak Maskulin?

Riset terbaru mengungkapkan fakta bahwa kebanyakan laki-laki kurang mencintai lingkungan dibandingkan perempuan.

Peduli Lingkungan, Laki-laki Disebut Tidak Maskulin?

TRIBUN-MEDAN.COM- Riset terbaru mengungkapkan fakta bahwa kebanyakan laki-laki kurang mencintai lingkungan dibandingkan perempuan.

Laki-laki lebih sulit diajak kampanye untuk mendukung penyelamatan lingkungan dibandingkan perempuan. 

Alasannnya, sebagian besar laki-laki berpikir bahwa mencintai lingkungan membuat mereka kurang maskulin.

Riset dari Scientific American mengatakan bahwa mungkin ada penjelasan yang berbeda mengapa perempuan lebih eco-friendly atauramah lingkungan dibandingkan laki-laki.

Sejauh ini, diyakini bahwa perbedaan kepribadian dapat menjelaskan mengapa perempuan lebih baik dibandingkan laki-laki dalam hal menjaga kelestarian lingkungan.

Baca: Festival Bendera dan Semangat Juang Pangeran Samber Nyowo, Seniman Unjuk Penampilan

Selain itu, riset ini juga menemukan fakta bahwa laki-laki khawatir terlihat kurang maskulin saat mereka melakukan hal yang bersifat ramah lingkungan.

Penelitian ini terdiri dari 7 percobaan yang melibatkan lebih dari 2.000 peserta dari Amerika Serikat dan China. Riset menunjukkan adanya hubungan antara cinta lingkungan dan persepsi tentang feminitas.

Dalam satu percobaan, semua peserta - baik lelaki maupun perempuan - diminta untuk menggambarkan seorang individu yang membawa tas kain yang dapat digunakan kembali ke toko bahan makanan.

Hasilnya, semua peserta menggambarkan individu tersebut lebih feminin daripada seseorang yang menggunakan tas plastik - terlepas dari apa yang dibeli saat belanja.

Halaman
12
Editor: Silfa Humairah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved