KPU Dairi Putuskan Dua Pasangan Bakal Calon dari Jalur Independen Tidak Memenuhi Syarat

Dukungan dua pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Dairi dari jalur independen masih menyisakan data tidak memenuhi syarat (TMS).

KPU Dairi Putuskan Dua Pasangan Bakal Calon dari Jalur Independen Tidak Memenuhi Syarat
Tribun Medan/Tommy
KPU Dairi melakukan rapat pleno atas keputusan verifikasi faktual bakal calon bupati/wakil bupati dari jalur independen, Jumat (5/1/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Tommy Simatupang

TRIBUN-MEDAN.COM, SIDIKALANG - Dukungan dua pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Dairi dari jalur independen masih menyisakan data tidak memenuhi syarat (TMS).

Paslon Rimso Sinaga-Bilker Purba dari 21 ribu e-KTP atau surat keterangan yang diajukan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sedikitnya ada 7.918 yang TMS.

Maka, Rimso-Bilker harus memenuhi dua kali lipat dari jumlah tersebut yakni 15.836 lagi.

Paslon Harungguan Sianturi-Umar Ujung yang mengajukan 20.800 lebih dukungan terdapat 4.177 TMS. Paslon yang pernah mengajukan gugatan ini pun harus kembali mengumpulkan 32.546 dukungan.

Data ini merupakan hasil verifikasi faktual yang dilakukan KPU mulai dari tingkat desa, kecamatan, dan kabupaten.

Baca: Djarot Resmi Diusung PDI Perjuangan Jadi Bakal Calon Gubernur Sumut, Siapa Wakilnya?

Komisioner KPU Bidang Hukum KPU, Veryanto Sitohang mengatakan dukungan tambahan dua Paslon perseorangan tersebut akan ditunggu hingga 20 Januari 2018. Namun, kedua Paslon tersebut tetap dapat mendaftar pada 8 Januari hingga 10 Januari berbarengan dengan jalur partai.

"Kami menunggu hingga tanggal 20 Januari. Dua Paslon tersebut diberi waktu untuk mengumpulkan hingga waktu tersebut. Kita baru selesai melakukan rapat pleno,"ujarnya, Jumat (5/1/2018).

Baca: Pendaftaran Balon Kepala Daerah, KPU Minta Kandidat Jangan Bawa Massa Berlebihan

Untuk pengumuman pasangan calon dari perseorangan yang dapat mengikuti bursa Pilkada Dairi juga akan berbarengan dengan balon dari jalur partai. Seperti diketahui, untuk pasangan independen harus mengumpulkan 20.450 e-KTP atau surat keterangan.(*)

Penulis: Tommy Simatupang
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help