Home »

Taput

Paslon Bupati Taput Jalur Perseorangan Ini Lolos Verifikasi Faktual

Divisi Hukum KPUD Tapanuli Utara (Taput), Kopman Pasaribu menyatakan bakal calon bupati dan wakil bupati dari jalur

Paslon Bupati Taput Jalur Perseorangan Ini Lolos Verifikasi Faktual
Tribun Medan/Arjuna Bakkara
Divisi Hukum KPUD Taput, Kopman Pasaribu saat ditemui di Kantor KPUD Taput, Jumat (5/1/2018). 

 Laporan Wartawan Tribun Medan / Arjuna Bakkara

TRIBUN-MEDAN.Com, TARUTUNG- Divisi Hukum KPUD Tapanuli Utara (Taput), Kopman Pasaribu menyatakan bakal calon bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan Chrismanto Lumbantobing dan Hotman P Hutasoit (Toman) telah lolos dari verifikasi faktual.

Pasangan Toman memperoleh sekitar 30.000 dukungan KTP dan melewati 21.005 syarat dukungan minimal.

"Satu-satunya Bakal Paslon perseorangan di Taput yakni, Pasngan Toman sudah memenuhi perolehan suara, dari syarat minimal yang ditentukan untuk maju sebagai calon,"Ujar Kopman saat ditemui di Kantor KPUD Taput, Jumat (5/1/2018).

Ia menyebutkan, minimal jumlah dukungan untuk jalur perseorangan di Taput 21.005 jiwa dari daftar pemilih tetap (DPT) terakhir atau Pilpres 2014 lalu sudah cukup. Namun, Pasangan Toman merupakan satu-satunya Paslon independen dan jumlah dukungan yang diserahkan ini sudah melebihi target minimal yang ditetapkan.

Menurutnya, khusus untuk bakal Paslon perseorangan tetap akan diberikan waktu perbaikan. Masa perbaikan itu diterima mulai tanggal 18 Januari sampai 20 Januari 2018.

Sementara pendaftaran Paslon dimulai tanggal 8 hingga 10 Januari 2018. Khusus Paslon jalur partai harus mendapat tujuh kursi dukungan yang dikumpulkan agar dapat mendaftar.

Kusus jalur partai, nantinya KPU hanya menerima 40 orang termasuk Paslon yang diusung saat datang ke KPU Taput. Lalu, bila ada kekurangan berkas maka diberi waktu perbaikan hingga 20 Januari.

 Sementara pencabutan nomor akan dilaksanakan pada 13 Januari setelah dilakukan penetapan Paslon pada 12 Januari. Sedangkan kampanye dimulai pada 15 Januari.

Satu dari Bakal Paslon tersebut, Nikson Nababan berpasangan dengan Sarlandy Hutabarat mengaku akan mendaftar pada 10 Januari. Nikson yang saat ini masih menjabat sebagai Bupati Taput itu sudah diusung tiga partai politik.

"Sementara ini diusung tiga partai politik. Dari PDI P ada enam kursi, Nasdem lima kursi, PAN empat kursi,"Sebut Nikson saat dikonfirmasi via aplikasi WhatsApp.

(*)

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Silfa Humairah
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help