Kesehatan

Tahun Ini, Dinkes Medan Fokus pada Cegah Penyebaran Virus Difteri

Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, Usma Polita Nasution mengatakan, di tahun 2018 ini banyak program yang akan difokuskan oleh Dinkes Medan.

Tahun Ini, Dinkes Medan Fokus pada Cegah Penyebaran Virus Difteri
Tribun Medan / Tommy
Kadinkes Medan, Usma Polita Nasution saat ditemui di ruangannya, Kamis (1/9/2016) 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Muhammad Nasrul

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, Usma Polita Nasution mengatakan, di tahun 2018 ini banyak program yang akan difokuskan oleh Dinkes Medan.

Di antaranya adalah program imunisasi.

Terkait dengan kejadian difteri, Usma menganggap hal tersebut adalah kejadian luar biasa. Ia juga mengatakan, adanya penyakit difteri disebabkan karena pasien tersebut tidak melakukan imunisasi.

"Kenapa seperti itu karena itu merupakan salah satu penyakit yang sudah kita buat terprogram imunisasi, setiap penyakit dapat dicegah dengan imunisasi ada kasus satu khususnya difteri itu Kejadian Luar Biasa (KLB)," ujar Usma, Jumat (5/1/2018).

Baca: Tahun 2018, Dinas Pariwisata Sumut Targetkan 1 Juta Wisatawan

Dikatakannnya, ketika ada KLB, maka pihaknya harus melakukan vaksinasi kontak bagi si penderita dan warga yang ada di lingkungannya. Seperti yang telah dilakukan di Tangerang. Untuk Sumut, ia mengatakan akan melakukan vaksinasi di Kabupaten  Langkat.

"Sehingga diimbau untuk imunisasi agar tidak terjadi penderita  satu orangpun dan kami sudah jaga-jaga untuk imunisasi dan kontak dilingkungan rumah dan sekitar agar menjaga supaya tidak menyebar. Walaupun ada kendala, namun kami dalam kejadian seperti ini menghimbau ke masyarakat fokus anak anak harus mendapatkan imunisasi," ungkapnya.

Baca: Direnovasi, Dinas Pertamanan Berharap Stadion Teladan Dapat Memenuhi Standar AFC

Dijelaskannya, jika masyarakat mengikuti tahapan imunisasi dengan benar, maka penyebaran difteri akan mudah dicegah. Terutama bagi anak-anak, karena anak-anak lebih mudah terpapar virus difteri. (

Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help