Edisi Cetak Tribun Medan

Naik Becak, Letjen Edy Rahmayadi-Musa Rajeckshah Daftar Hari Pertama

KPUD Sumut akan menerima pendaftaran bakal calon gubernur, mulai 8-10 Januari.

Naik Becak, Letjen Edy Rahmayadi-Musa Rajeckshah Daftar Hari Pertama
Tribunnews.com/Fransiskus Adhiyuda
Letjen TNI Edy Rahmayadi 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN-Bakal Calon Gubernur Sumatera Utara yang mendapat dukungan dari Partai Gerindra, PAN, PKS, Golkar, dan NasDem berencana akan mendaftar ke KPU Sumatera Utara pada hari pertama pedaftaran calon, Senin (8/1).

"Yang sudah memberitahukan akan datang melakukan pendaftaran adalah pasangan Edy Ramayadi dan Musa Rajekshah (Ijeck). Surat pemberitahuannya disampaikan Afifudin Lubis," ujar Ketua KPUD Sumatera Utara, Mulia Banurea, Sabtu (6/1).

Menurutnya, baru satu bakal calon gubernur yang sudah meberitahukan akan datang mendaftar. KPUD Sumut akan menerima pendaftaran bakal calon gubernur, mulai 8-10 Januari.

"Baru itu saja. Saat mereka datang nanti, yang boleh masuk hanya orang-orang tertetu. Pendukung nanti boleh duduk di luar. Kami sudah persiapkan tempat untuk itu. Kemudian kami buat layar di luar supaya pendukung dapat menyaksikan," ujarnya.

Mulia menuturkan, sebagai penyelenggara pilkada, mereka akan memberi pelayanan yang maksimal untuk setiap calon yang mendaftar, baik sebagai gubernur, maupun wali kota atau bupati di daerah-daerah.

"Standar pelayanan sama. Kami sudah melakukan pertemuan dengan KPUD Kabupaten/Kota untuk menyamakan persepsi soal standar pelayanan kepada calon yang datang mendaftar ke KPUD,' ujarnya.

Di Sumatera Utara ada sembilan pilkada yang dilaksanakan tahun ini. Rinciannya satu Pemilihan Gubernur (Pilgub), satu Pemilihan Wali Kota (Pilwako) di Kota Padangsidimpuan, dan tujuh Pemilihan Bupati (Pilbup), yaitu di Kabupaten Deliserdang, Langkat, Batubara, Padanglawas, Padanglawas Utara, Tapanuli Utara, dan Dairi

Sejauh ini, KPUD di beberapa daerah sudah menerima pendafaran calon dari jalur perseorangan, dan belum ada kendala berarti yang dihadapi KPUD.

"Hanya di Dairi yang ada sedikit masalah, namun sudah diselesaikan," ujarnya.

Sejauh ini, kata Mulia, mereka selalu berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk pengamanan. Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw pun menyampaikan komitmenya untuk memberikan pengamanan yang maksimal untuk kelancaran pilkada di Sumut.

Halaman
12
Editor: Liston Damanik
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved