Anjuran Minum 8 Gelas Tiap Hari Ternyata Salah

Minumlah delapan gelas air atau 1.9 liter air setiap hari. Anjuran ini tentu sudah tak asing lagi untuk kita.

Anjuran Minum 8 Gelas Tiap Hari Ternyata Salah
Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUN-MEDAN.com-Minumlah delapan gelas air atau 1.9 liter air setiap hari. Anjuran ini tentu sudah tak asing lagi untuk kita.

Namun, sudahkah Anda mempraktekkannya? Jika belum, Anda tidak perlu merasa bersalah. Sebab, anjuran itu ternyata salah.

Berdasarkan laporan dari National Institutes of Health, Agustus 2015, 60 persen tubuh orang dewasa terdiri dari air. Air mengisi sebagian besar otak, jantung, paru-paru, otot, kulit, dan sekitar 30 persen tulang.

Tak hanya menjadi zat utama dalam tubuh, air juga mengatur suhu dalam tubuh. Selain itu, air berperan mengangkut nutrisi ke seluruh tubuh, untuk pembuangan, membentuk air liur, melumasi sendi, dan berfungsi sebagai peredam kejut untuk organ vital dan janin yang sedang tumbuh.

Kegunaan air bagi tubuh memang tak bisa diragukan lagi. Namun, hanya ada sedikit kesepakatan di dunia sains tentang jumlah airminum yang harus dikonsumsi setiap hari.

Terkait dengan anjuran minum 8 gelas setiap hari, walaupun anjuran itu mudah diingat dan sudah menyebar luas, sebenarnya belum ada bukti ilmiah yang mendukungnya. Hal ini diungkapkan oleh makalah dalam American Journal of Physiology pada 2002 silam.

Faktanya, sudah banyak penelitian yang menganjurkan bahwa dalam kondisi sehat, manusia dewasa tidak memerlukan jumlah sebanyak itu (8 gelas setiap hari).

Makanan dan minuman

Diberitakan Live Science, Jumat (7/1/2018), memenuhi kebutuhan air dalam tubuh tak hanya diperoleh saat minum dari gelas saja. Meski cara itu paling mudah dan efisien, tetapi ada cara lain untuk memenuhi kebutuhan mineral tubuh.

Salah satunya adalah lewat makanan. Segala makanan yang masuk dalam tubuh kita sebenarnya mengandung air, terutama buah dan sayur. Bahkan, buah-buahan seperti semangka dan stroberi mengandung lebih dari 90 persen air menurut beratnya.

Halaman
123
Editor: Liston Damanik
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved