Pilkada Serentak

Calon Petahana Tak Bisa Tinggal di Rumah Dinas saat Mulai Kampanye

Jika calon petahana dalam masa kampanye tidak mengambil cuti, maka mereka tidak diizinkan untuk berkampanye.

Calon Petahana Tak Bisa Tinggal di Rumah Dinas saat Mulai Kampanye
Tribun Medan/Arjuna Bakkara
Divisi Teknis KPU Taput, Barisman Panggabean 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Arjuna Bakkara
 

TRIBUN-MEDAN.Com, TARUTUNG-KPUD Taput menggelar tahapan demi tahapan Pilkada, dan kini sedang sibuk menerima pendaftan bakal Pasangan calon. KPUD Taput menyampaikan agar calon petahana yang maju memberikan surat ijin cuti sebelum masa kampanye.

"Sebelum kampanye pada 15 Februari, mereka sudah harus menterahkan surat cuti. Bagi yang masih menjabat sebagai kepala daerah hanya boleh melakukan kampanye jika mereka mengambil cuti,"Ujar Divisi Teknis KPU Taput, Barisman Panggabean di Kantor KPU Taput, Selasa (9/1/2018). 

Katanya, selain pasangan Jalur independen yakni Chrismanto Lumbantobing dan Hotman Hutasoit yang telah mendaftar pada hari pertama ada dua kandidat yang akan mendaftar pada hari terakhir. Keduanya adalah calon petahana Nikson Nababan dan jalur incumben Jonius Taripar Hutabarat.

Baca: Sejak Dipegang Kecamatan, Sampah Menumpuk di Pasar Medan Deli

Baca: Kecelakaan Maut Truk Angkut Penumpang vs Sepeda Motor, Tiga Orang Tewas di Lokasi

Barisman mengatakan, jika calon petahana dalam masa kampanye tidak mengambil cuti, maka mereka tidak diizinkan untuk berkampanye. Calon petahana tersebut harus melepaskan atribut sebagai pejabat negara saat berkampanye.

Sesuai Undang-undang calon petahana wajib cuti dan melepaskan berbagai fasilitas negara yang melekat selama masa kampanye. Calon petahana juga harus bersiap bersiap pindah dari rumah dinasnya nanti. 

Sementara calon incumbent, Jonius Taripar Hutabarat harus membawa surat proses pengunduran diri dari instansi Polri saat mendaftar sebagai calon Bupati Taput. Paling lambat, 30 hari setelah ditetapkan sebagai calon surat proses pengunduran diri sudah diserahkan ke KPU.(Cr1/Tribunmedan.Com)

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help