TribunMedan/
Home »

Bisnis

» Mikro

Motor Listrik Viar Bisa Tempuh Jarak 70 Kilometer Sekali Jalan

Tipe Q1 ini baru saja hadir di Kota Medan sejak bulan Oktober, dan sudah terjual sebanyak 27 unit.

Motor Listrik Viar Bisa Tempuh Jarak 70 Kilometer Sekali Jalan
Tribun Medan / Sofyan Akbar
Karyawan Viar berpose di Q1 motor listrik pertama yang menggunakan STNK, Rabu (10/1/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Sofyan Akbar

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Viar Motor Indonesia mengeluarkan produk terbaru mereka yaitu motor listrik dengan tipe Q1 Motor Listrik Viar. Kehadiran motor listrik Viar ini untuk menjawab permintaan pemerintah yang membutuhkan kendaraan yang bersahabat dengan alam.

"Viar mengeluarkan produk motor listrik untuk mengantisipasi semakin lama Bahan Bakar Minyak (BBM) akan langka, ini juga jawaban dari keinginan pemerintah yang mengharuskan kendaraan low emisi dan low coast,"kata Kepala Cabang Main Dealer Viar, Doharman Sinaga saat disambangi di Kantornya yang berada di Jalan Aksara, Rabu (10/1/2018).

Ia mengatakan motor listrik dengan tipe Q1 ini baru saja hadir di Kota Medan sejak bulan Oktober, dan sudah terjual sebanyak 27 unit. "15 unit untuk PLN Kanwil Medan, 2 unit untuk PLN Sibolga dan 10 unit dibeli oleh masyarakat pribadi. Jadi total selama 3 bulan ini sudah terjual 27 unit,"ujarnya.

Ia mengaku, motor listrik dari Viar ini merupakan motor yang paling hemat dan tidak ribet pemeliharaannya. Hal itu dibuktikan karena motor listrik ini tidak menggunakan Oli, jadi tidak perlu service dan tidak perlu melakukan perawatan berkala seperti motor konvensional pada umumnya.

Baca: Percikan Api di Kantor KPU Sumut Bikin Heboh saat Massa Tunggu Djarot-Sihar Daftar

Baca: Sebelum Daftar ke KPUD Taput, Nikson Curhat di Hadapan Simpatisan

Motor ini juga, katanya, memiliki daya 20AH dan 60 VOlt atau maksial power 800 watt pada baterai sehingga menjadikan motor listrik ini mampu menempuh jarak maksimal 70 kilometer dengan kecepatan maksimal 60 Km/jam.

"Setiap sudah menempuh jarak 70 Kilometer, motor listrik ini harus dicas selama 5 jam agar bisa digunakan kembali,"ujarnya.

Ia mengaku ketahanan dari baterai motor listrik ini sampai 2 tahun atau 600 sampai 800 kali pengecasan. Tapi, sambungnya, bukan berarti dalam dua tahun baterainya langsung tidak bisa digunakan. "Tapi hanya jarak tempuhnya yang berkurang. Misalnya dengan mengecas selama 5 jam bisa menempuh jarak sejauh 70 kilometer, namun karena udah lebih dari 2 tahun, cuma bisa menempuh jarak sekitar 65 kilometer. Jadi gak harus mengganti baterai dalam 2 tahun,"katanya.

Dikatakannya, kalau dibandingkan dengan motor konvensional perbandingan untuk motor listrik ini dengan RP2700 bisa menempuh jarak sejauh 100 kilometer. "Sedangkan motor konvensional seliter bisa menempuh jarak kurang lebih 40 kilometer, dan ini jauh lebih hemat,"katanya seraya mengulang perkataan orang PLN yang sudah menghitung kehematan listrik yang digunakan motor listrik keluaran Viar ini.(akb/tribun-medan.com)

Tags
Motor Viar
Penulis: Sofyan Akbar
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help