Pengedar Ekstasi Hotel Anda Terima Divonis 4 Tahun Penjara

Kedua terdakwa terbukti secara sah dan bersalah melanggar pasal 112 ayat 1 UU nomor 35/2009 tentang narkotika.

Pengedar Ekstasi Hotel Anda Terima Divonis  4 Tahun Penjara
Petugas kepolisian sebagai saksi memberi keterangan dalam sidang terdakwa pengedar ekstasi Hotel Anda. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Majelis hakim dipimpin Ivan Lodewyk Simanjuntak memvonis dua pengedar ekstasi di Hotel Anda 4 tahun 10 bulan. Keduanya April Gapurnomo (22) dan Faisal Ibrahim Bawazier (21), dua terdakwa narkotika jenis ekstasi dengan barang bukti 10 butir pil ekstasi di Hotel Anda, Siantar.

Dalam amar putusan dibacakan di Pengadilan Negeri Siantar, Selasa (9/1/2018), menyebutkan bahwa kedua terdakwa terbukti secara sah dan bersalah melanggar pasal 112 ayat 1 UU nomor 35/2009 tentang narkotika.

Hakim Ketua Ivan didampingi dua hakim anggota lainnya, Risbarita Simorangkir dan M Iqbal FJ Purba. Sedangkan terdakwa didampingi penasehat hukum, Erwin Purba.

Erwin dalam keterangannya menyatakan terdakwa menerima putusan yang dibacakan majelis hakim. Dikatakannya, selain pidana penjara 4 tahun 10 bulan, terdakwa juga didenda sebesar Rp 1 Miliar subsider 4 bulan kurungan.

"Terdakwa menerima (putusan itu)," katanya.

Baca: Pembunuh Satu Keluarga Ditangkap di Kualanamu

Baca: Yulizar Dicopot karena Membangkang, Pimpinan PPP Se-Sumut Tolak Ketua Baru

Keputusan vonis majelis hakim ini diketahui jauh lebih ringan dari tuntutan 7 tahun pidana penjara yang dilayangkan JPU. Ancaman itu dibacakan oleh jaksa penuntut umum (JPU) Henny Simandalahi pada sidang tuntutan beberapa sebelumnya.

"Menjatuhkan pidana terhadap kedua terdakwa dengan pidana penjara selama 7 tahun dengan perintah agar terdakwa tetap ditahan, dengan denda sebesar Rp 1 Miliar. Dan subsider 6 bulan penjara", kata Henny sebelumnya.

Dua terdakwa terseret ke meja sidang setelah Petugas Sat Narkoba Polres Siantar berhas meringkus Faisal berikut barang bukti ekstasi ketika berada di pintu masuk Hotel Anda dan Karaoke yang terletak di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Siopat Suhu, Kecamatan Siantar Timur pada 12 Jili 2017.

Setelah pengembangan, Faisal pun mengaku bahwa ekstasi itu diperolehnya dari April yang sama-sama sedang berada di satu lokasi. Faisal mengaku hanya suruhan April. Petugas meringkus April berada di VIP nomor 16 dan tak mengelak ketika dipertemukan dengan Faisal.(Dyk/tribun-medan.com)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help