Operasi Pasar, 1.000 Ton Beras Medium Disalurkan

Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sumatera Utara (Sumut) melalui Badan Urusan Logistik (Bulog) melakukan

Operasi Pasar, 1.000 Ton Beras Medium Disalurkan
Bulog bersama Pemerintah Daerah, Disperindag, Kementerian Perdagangan dan juga TPID Sumut saat melakukan launching pelaksanaan operasi pasar cadangan beras pemerintah (CBP), Kamis (11/1/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Ayu Prasandi

 TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN- Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sumatera Utara (Sumut) melalui Badan Urusan Logistik (Bulog) melakukan launching pelaksanaan operasi pasar cadangan beras pemerintah (CBP), Kamis (11/1/2018).

 Bertempat di Kantor Bank Indonesia Sumatera Utara (Sumut), Bulog menyalurkan sebanyak 1.000 ton beras medium ke beberapa pasar tradisional yang ada di Sumut.

Kepala Bulog Sumut, Benhur Ngkaimi, disela-sela pelaksanaan operasi pasar, mengatakan, operasi pasar sudah dimulai sejak minggu kedua bulan Desember sampai dengan Kamis (11/1/2018) untuk di Sumut sudah disalurkan sebanyak 5.000 ton beras medium.

 “Hari kurang lebih 1.000 ton beras medium disalurkan ke seluruh pasar yang ada di Sumut. Jadi total keseluruhan dengan ditambah 1.000 ton penyaluran hari ini maka Bulog telah menyalurkan sebanyak 5.000 ton,” ujarnya.

 Ia menjelaskan, dengan penyaluran 1.000 ton ini, bisa terjadi penurunan harga atau harga beras medium menjadi normal di pasaran.

 “Berapa pun pasar menyerap, jika 1.000 ton tersebut habis hari ini maka besok bisa kita salurkan lagi,” jelasnya.

 Ia menerangkan, harga jual sesuai perintah menteri perdagangan adalah Rp 9.850. Harga tersebut Rp 100 lebih rendah di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET).

 “Beras medium tersebut paling banyak didistribusikan ke Kota Medan dan kemudian didistribusikan ke beberapa daerah lainnya di Sumut,” terangnya.

Ia mengungkapkan, hal tersebut karena Medan sebagai pasar contoh yang biasanya jika di Medan terjadi penurunan harga maka wilayah lain di Sumut juga akan mengalami penurunan. Tapi jika harga Medan naik  biasanya juga diikuti wilayah lainnya.

“Oleh karena itu operasi pasar ini kita jadikan sebagai contoh. Harapan kita harga beras medium di Sumut bisa di harga Rp 9.000 sampai Rp 9.500,” ungkapnya.

 Ia mengatakan, operasi pasar bukanlah merupakan kegiatan rutin yang dilakukan, hanya saja diharapkan operas pasar menjadi cara yang efektif untuk menekan kenaikan harga.

(pra/tribun-medan.com)

Penulis: Ayu Prasandi
Editor: Silfa Humairah
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help