Andi Lala Divonis Hukuman Mati, Dua Temannya Hanya Dihukum 20 Tahun Penjara

Di waktu yang bersamaan, terdakwa lainnya, Roni Anggoro dan Andi Syahputra divonis masing-masing pidana penjara selama 20 tahun.

Andi Lala Divonis Hukuman Mati, Dua Temannya Hanya Dihukum 20 Tahun Penjara
Tribun Medan/Azis
Reaksi Andi Lala usai majelis hakim memberikan vonis mati baginya di Ruang Cakrq VI PN Medan, Jumat (12/1/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Azis Husein Hasibuan

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Andi Matalata alias Andi Lala, satu dari tiga terdakwa pembunuhan satu keluarga divonis hukuman mati di Ruang Cakra VI Pengadilan Negeri (PN) Medan, Jumat (12/1/2018).

Pada sidang vonis yang dibacakan Ketua Majelis Hakim Dominggus Silaban menyatakan, perbuatan Andi Lala terbukti secara dan meyakinkan membunuh satu keluarga di Jalan Mangaan I, Lingkungan XI, Kelurahan Mabar, Medan Deli.

"Menghukum terdakwa Andi Lala dengan pidana mati," ucap hakim.

Di waktu yang bersamaan, terdakwa lainnya, Roni Anggoro dan Andi Syahputra divonis masing-masing pidana penjara selama 20 tahun.

Baca: Divonis Hukuman Mati Karena Dalangi Dua Kasus Pembunuhan, Begini Reaksi Andi Lala

Dalam pertimbangan majelis hakim, Andi Lala disebut berperan sebagai otak pelaku pembunuhan yang menyebabkan Riyanto, istrinya Sri Ariyani, kedua anaknya Naya dan Gilang Laksono serta mertua Riyanto, Sumarni meninggal.

Sementara, Roni Anggoro dan Andi Syahputra dianggap turut serta membantu Andi Lala.

Usai vonis dibacakan, reaksi berbeda-beda dipertontonkan ketiga terdakwa. Andi Lala yang duduk di kursi paling kiri terlihat mendadak tersengal-sengal, napasnya tak beraturan.

Andi Syahputra lain lagi. Terdakwa yang duduk di kursi tengah ini membungkukkan badannya serta menutup bagian wajah. Sedangkan Roni Anggoro hanya menundukkan kepalanya.

Majelis hakim menganggap, pembunuhan yang dilakoni Andi Lala serta dua terdakwa lainnya yakni Roni dan Andi Saputra terbukti melanggar Pasal 340 KUHP.

Pada sidang sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kadlan Sinaga menuntut Andi Lala dengan hukuman mati. Terdakwa Roni Anggoro seumur hidup dan Andi Syahputra 20 tahun penjara.(*)

Penulis: Azis Husein Hasibuan
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help