Awas, Terlalu Khawatir Malah Bikin Ikatan Asmara Bubar

Putus adalah hal biasa dalam sebuah hubungan percintaan. Lagi pula, tidak ada hubungan yang selamanya selalu bahagia, bukan?

Awas, Terlalu Khawatir Malah Bikin Ikatan Asmara Bubar
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

TRIBUN-MEDAN.COM- Putus adalah hal biasa dalam sebuah hubungan percintaan. Lagi pula, tidak ada hubungan yang selamanya selalu bahagia, bukan?

Tidak peduli seberapa kerasnya kita berusaha untuk mempertahankan hubungan, tidak ada jaminan bahwa hubungan akan bertahan lama.

Namun, juga tidak ada gunanya untuk khawatir. Kekhawatiran justru hanya akan membuat hubungan percintaan diwarnai kecemasan, kecurigaan, dan kekhawatiran.

Riset terbaru mengatakan, terlalu khawatir dengan pasangan justru akan merusak hubungan tersebut.

Penelitian yang dipublikasikan di dalam jurnal Motivation and Emotion ini, berusaha mengetahui apakah ketakutan akan kandasnya sebuah hubungan justru menjadi penyebab putusnya hubungan tersebut.

Periset menggunakan 104 peserta yang ditanya tentang diri mereka, dan keadaan hubungan mereka.

Kemudian, para periset dari Vita-Salute San Raffaele University di Italia memanipulasi beberapa dari mereka untuk percaya bahwa hubungan mereka bisa berakhir.

Para ilmuwan menciptakan persepsi orang-orang tersebut dengan memberi statistik tentang seberapa besar kemungkinan hubungan akan gagal, dan memberi mereka umpan balik yang salah tentang peluang hubungan mereka.

Para responden ditanya bagaimana komitmen terhadap hubungan mereka, dan bagaimana perasaan mereka terhadap pasangannya.

Perasaan romantis dan tingkat komitmen yang lebih tinggi didapati pada mereka yang tidak mendengar atau mengetahui statistik tentang risiko putusnya hubungan percintaan mereka.

Halaman
12
Editor: Silfa Humairah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help