Home »

Sport

» Basket

PON 2020 Jadi Ajang Persiapan Tuan Rumah 2024

Sumut bersama Aceh terus mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah bersama pada Pekan Olahraga Nasional (PON)

PON 2020 Jadi Ajang Persiapan Tuan Rumah 2024
Tribun-Medan.com/ Tommy Simatupang
Ketua Koni Sumut, Jhon Ismadi Lubis saat diwawancarai usai pelantikan, Jumat (24/2/2017). (Tribun-Medan.com/ Tommy Simatupang) 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sumut bersama Aceh terus mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah bersama pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 mendatang.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumut, John Ismadi Lubis mengatakan saat ini Sumut sedang mempersiapkan atlet menuju PON 2020 di Papua. Dikatakannya, keinginan menjadi tuan rumah tidak hanya gencar mencari dukungan, tapi sarana dan prasarana juga harus dilengkapi. Selain itu juga mematangkan atlet untuk berprestasi apabila menjadi tuan rumah juga sangat diperlukan. Faktanya, prestasi Sumut di ajang PON memang belum menunjukkan peningkatan signifikan. Teranyar pada PON 2016 Jawa Barat, Sumut hanya mampu finish di posisi sembilan.

“Sampai saat ini kita masih menunggu, karena SK cabor yang dipertandingkan di PON 2020 belum ada. Mereka menjanjikan bakal ada 38 cabor plus tujuh cabor tambahan sehingga total 45 cabor bakal dipertandingkan. Makanya kita sedang siapkan atlet yang terbaik," katanya pekan lalu.

Baca: Dinonaktifkan sebagai Ketua DPW PPP, Begini Respons Yulizar

Namun, John mengatakan, keputusan keberangkatan tim akan tetap dirembukkan bersama Pengprov cabor. John, tidak ingin, keikutsertaan yang banyak malah atlet tanpa prestasi.

"Ini kan jumlah yang cukup besar. Kita juga memikirkan ke sana. Terus kedepannya kita rancang bersama cabang-cabang olahraga, apakah lolosnya atlet di Pra PON, pasti berangkat ke Papua," tegasnya.

Baca: Yoga Atlet Drumband Miliki Target Menuju PON Papua

Terkait pencalonan tuan rumah PON 2024, ia optimis target 25 suara KONI provinsi dapat dikantongi. John menjelaskan saat ini sudah mengantongi 24 provinsi yang telah menyerahkan dukungan secara tertulis. 

“Target saya, 25 KONI provinsi yakin bisa tercapai. Mudah-mudahan ini menunjukkan bahwasannya Aceh-Sumut didukung mayoritas KONI provinsi yang akan menjadi peserta bidding di Februari mendatang,” pungkasnya.(*)

Informasi yang dihimpun Tribun ke 24 provinsi tersebut diantaranya Aceh, Sumatera Utara, Provinsi Riau , Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung. Sedang Jawa seluruhnya mendukung, termasuk DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur. Pulau Kalimantan, diantarnya Kalbar, Kalteng, Kaltim dan Kalsel. Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, dan Gorontalo.(

Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help