Transportasi Online Menjamur, Becak Khas Sumut Ini Punya Daya Tarik Tak Habis Dimakan Masa

Sumatera Utara memiliki transportasi khas yang menjadi daya tarik wisatawan, yakni becak yang ditarik dengan sepeda motor lawas

Transportasi Online Menjamur, Becak Khas Sumut Ini Punya Daya Tarik  Tak Habis Dimakan Masa
Suasana pangkalan becak vespa di Balige 

TRIBUN-MEDAN.COM- Sumatera Utara memiliki transportasi khas yang menjadi daya tarik wisatawan, yakni becak yang ditarik dengan sepeda motor lawas.

Transportasi tersebut bisa anda jumpai saat mengunjungi Kota Siantar dan sekitarnya serta Kota Balige dan sekitarnya.

Di Siantar ada becak sepeda motor antik dengan mesin Birmingham Small Arm (BSA) Buatan Inggris dijadikan angkutan umum. Sedangkan di Balige ada becak yang ditarik dengan vespa tahun lawas.

Wisata keliling naik becak wajib dicoba.Jika di kota lain sepeda motor vespa tahun lama terbilang langka, maka tidak di Kota Balige. Karena sepeda motor antik dan unik ini mudah didapatkan di sepanjang jalan khususnya tempat para tukang becak mangkal.

Mulai Vespa tahun 50 an hingga 80 an akan mudah anda ditemukandengan kondisi masih bagus dan digunakan untuk menarik becak. Bahkan, jika sedang pergelaran Festival Danau Toba, becak ini dihias sedemikian rupa untuk dibawa keliling kota membuat festival semakin meriah.

becak
becak ()

Jadi, sayang rasanya jika jalan-jalan di Balige tanpa menaiki Becak Balige.

Disebut Becak Balige, karena hanya di Balige wisatawan dapat menemukan becak ditarik dengan sepeda motor antik yang dilestarikan kota ini.

Suaranya nyaring dan sangat mudah dikenali. Bentuknya tidak kalah unik, dengan aneka warna yang cukup terang seperti merah, kuning, biru dan hijau, ukurannya yang kecil tetap dapat mencuri pandangan walaupun di tengah kerumunan kemacetan.

Kemudian tak lengkap Jalan-jalan di Siantar jika tak naik becak Siantar.

becak si

Disebut Becak Siantar, karena hanya di Siantar wisatawan dapat menemukan sepeda motor antik dengan mesin Birmingham Small Arm (BSA) Buatan Inggris dijadikan angkutan umum.

Halaman
12
Penulis: Silfa Humairah
Editor: Silfa Humairah
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help