Calon Kepala Daerah Jangan Asal Janji Berikan DP Rumah 0 Persen saat Kampanye

Bank Indonesia (BI) mengingatkan kepada calon kepala daerah agar lebih bijaksana dalam memberikan janji politik saat kampanye pilkada.

Calon Kepala Daerah Jangan Asal Janji Berikan DP Rumah 0 Persen saat Kampanye
Tribun Medan /Sofyan Akbar)
Ilustrasi Perumahan 

TRIBUN-MEDAN.COM - Bank Indonesia (BI) mengingatkan kepada calon kepala daerah agar lebih bijaksana dalam memberikan janji politik saat kampanye pilkada.

Terutama, janji politik terkait sektor properti atau perumahan.

Seperti diketahui, BI telah mengeluarkan Peraturan BI Nomor 18 Tahun 2016 tentang Rasion Loan to Value (LTV).

Aturan ini mengenai syarat uang muka minimum yang harus disetorkan masyarakat saat mengajukan kredit pemilikan rumah (KPR).

Aturan tersebut, kata Deputi Direktur Departemen Kebijakan Makroprudensial BI, Sri Noerhidajati, memang dikecualikan bila pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah, memiliki kebijakan khusus.

Baca: Dapat kejutan Ulang Tahun di Sun Plaza Medan, Begini Reaksi Gempi

"Di dalam Pasal 17 disebutukan bahwa program pemerintah pusat atau pemerintah daerah dikecualikan dari ketentuan LTV dengan memperhatikan ketentuan yang berlaku dan prinsip kehati-hatian," kata Sri dalam diskusi Property Outlook 2018 di Jakarta, Rabu (17/1/2018).

Adapun janji kampanye yang disorot itu, sebut dia, seperti program uang muka atau down payment (DP) 0 persen yang digelontorkan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno, serta program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan dengan DP 1 persen.

"BI dikejar soal DP 0. Kalau pemda ada program perumahan, BI tidak atur dengan program LTV. Jadi monggo saja, diserahkan ke pemda. Atau contoh lain FLPP dengan DP 1 persen. BI mendorong agar masyarakat bisa memiliki rumah," tutur Sri.

Selain mengingatkan calon kepala daerah, ia juga mengingatkan, sektor perbankan yang akan bekerja sama dengan pemerintah daerah terkait program serupa.

"Mohon agar tetap memperhatikan prinsip prudential banking," tambahnya.

Untuk diketahui, ada 171 daerah yang akan mengikuti pilkada serentak pada tahun ini.

Dari jumlah tersebut, 17 di antaranya merupakan pilkada tingkat provinsi, 39 pilkada tingkat kota, dan 115 pilkada tingkat kabupaten.(*)

Berita ini Sudah Tayang di Kompas.com dengan Judul BI Ingatkan Calon Kepala Daerah Janji Politik DP Rumah 0 Persen

Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help