Semangat Baru Sumut

JR Berharap 9 Alumnus IPB Mengedukasi Masyarakat Simalungun

"Kehadiran saya ke IPB bagian dari Kabupaten Simalungun guna memberikan semangat buat generasi muda Simalungun"

JR Berharap 9 Alumnus IPB Mengedukasi Masyarakat Simalungun
ist
JR Saragih kunjungi sembilan mahasiswa program beasiswa Simalungun di IPB, Jawa Barat. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.COM, RAYA - Bupati Simalungun JR Saragih terus memotivasi generasi muda di Kabupaten Simalungun membangun sumber daya Simalungun. JR mendatangi Institut Pertanian Bogor, Jawa Barat guna bertemu dengan wisudawan dan wisudawati asal Simalungun.

"Kehadiran saya ke IPB bagian dari Kabupaten Simalungun guna memberikan semangat buat generasi muda Simalungun, calon generasi ke depan yang harumkan nama Simalungun. Dengan adanya saya di sini tentu membawa motivasi kepada wisudawan dan wisudawati, bahwa Pemerintahan Kabupaten Simalungun selalu ada untuk masyarakat,” ucap Bupati Simalungun JR Saragih di IPB Bogor, Jawa Barat, Rabu (17/1/2018).

JR Saragih kunjungi sembilan mahasiswa program beasiswa Simalungun di IPB, Jawa Barat.
JR Saragih kunjungi sembilan mahasiswa program beasiswa Simalungun di IPB, Jawa Barat. (ist)

Pria berdarah Simalungun dan Karo ini ini berharap, kecerdasan dari generasi muda yang menimba ilmu ke IPB dapat membangun Pemerintahan Kabupaten Simalungun. Otomatis, di masa mendatang kemampuan masyarakat akan menjadi bertambah, khususnya dari sisi edukasi.

"Kita tahu bahwa di Kabupaten Simalungun banyak masyarakat yang bertani, berladang, berkebun, beternak ikan, babi, sapi hingga kerbau dan burung puyuh. Dengan adanya generasi muda ini maka kepintaran masyarakat akan semakin bertambah melalui edukasi yang dilakukan oleh generasi muda lulusan IPB Bogor tersebut," urainya.

Baca: Sukseskan Pemilihan Capai 82,5 Persen! Ini Imbauan KPUD Taput terhadap Kepala Desa

Baca: Sopir Taksi Bandara Kualanamu Ngamuk, Aniaya Sopir Taksi Online, Mobil pun Dirusak

Mahasiswi IPB Bogor Fakultas Kehutanan, Stevani Purba mengaku bangga dengan kehadiran orang nomor satu di Kabupaten Simalungun. Pasalnya, ada kerinduan yang dirasakan olehnya dan delapan orang lainnya saat berjumpa dengan JR Saragih.

“Siapa yang tidak senang, ketika kepala daerah seperti Bapak JR Saragih datang untuk menemui kami. Ini menjadi modal kami untuk bisa lebih semangat seperti Beliau. Beruntungnya kami memiliki Kepala Daerah seperti Bapak JR Saragih yang peduli,” lanjutnya.

Gadis yang menimba ilmu selama empat tahun ini diketahui mengambil fokus jurusan konservasi pemberdayaan hutan dan ekowisata. Ilmu yang didapatnya pun sangat berkaitan dengan geografis dan alam di Kabupaten Simalungun.

"Kabupaten Simalungun kaya akan kebun dan hutan. Jurusan saya akan bermanfaat dalam edukasi kepada masyarakat. Apalagi, jika bencana kebakaran hutan terjadi maka masyarakat bisa mengetahui apa yang harus dilakukannya," tambahnya.

JR Saragih kunjungi sembilan mahasiswa program beasiswa Simalungun di IPB, Jawa Barat.
JR Saragih kunjungi sembilan mahasiswa program beasiswa Simalungun di IPB, Jawa Barat. (ist)

Mahasiswa IPB asal Simalungun lainnya, Rio Simanungkalit jua senada merasa senang dikunjungi JR Saragih. Pria yang pernah mengemban ilmu di SMA/SMK Efarina Plus di Saribu Dolok ini memilih fokus ilmu kehewanan dan ternak. Ia menyadari bahwa di Simalungun banyak masyarakat yang memiliki ternak.

"Tidak hanya anjing saja, di Simalungun juga banyak masyarakat yang memelihara hewan babi. Hal ini lebih menunjukkan jika masyarakat Sumatera Utara lebih banyak mengonsumsi daging, dengan ilmu pengetahuan yang saya dapat di IPB Bogor maka bisa memberikan kepada masyarakat bagaimana beternak yang baik dan benar," ungkapnya.

Saat ini, sebanyak sembilan orang yang terdiri dari tiga pria dan enam wanita ini berhasil menyelesaikan kuliahnya di IPB Bogor yang masing-masing memiliki kepintaran di bidang dokter hewan, perikanan, kehutanan hingga pertanian.

Sembilan mahasiswa dan mahasiswa ini merupakan program beasiswa pendidikan untuk anak-anak Simalungun yang berprestasi. Beasiswa ini dilakukan oleh Pemerintahan Kabupaten Simalungun dibawah pimpinan Bupati Simalungun. (Dyk/tribun-medan.com)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved