Gara-gara Skorsing Dua Mahasiswa, Rektor UMSU Digugat ke PTUN Medan

Gugatan ini dilayangkan oleh Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan terkait skorsing dua mahasiswa Teknik M Fachri Zendrato dan M Juhri Sipayung.

Gara-gara Skorsing Dua Mahasiswa, Rektor UMSU Digugat ke PTUN Medan
Tribun Medan/Andimaz
Wakapolda Sumut, Brigjen Agus Andrianto berjabat tangan dengan Rektor UMSU Dr. Agussani, M.AP 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Array A Argus

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Agussani digugat ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan.

Gugatan ini dilayangkan oleh Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan terkait skorsing dua mahasiswa Teknik M Fachri Zendrato dan M Juhri Sipayung.

"Gugatan kami layangkan hari ini sesuai nomor register 04/G/2018/PTUN-MDN dan register 05/G/2018/PTUN-MDN," kata Kepala Divisi Jaringan LBH Medan, Aidil A Aditya, Jumat (19/1/2018) sore.

Aidil mengatakan, gugatan ini dilayangkan karena Rektor UMSU tak menanggapi surat yang dilayangkan LBH Medan terkait penyelesaian secara berkeadilan menyangkut skorsing dua mahasiswa. Katanya, surat telah dilayangkan sebanyak dua kali dengan nomor 287/LBH/PP/CI/2017 tanggal 2 November 2017 dan nomor 293/LBH/PP/Xai/2017 tanggal 9 November 2017.

Baca: Pengamat Sebut Sidak Dinas Perindustrian Kota Medan Tidak Efektif

"Kami sebagai kuasa hukum kedua mahasiswa ingin berdialog menyangkut masalah ini. Namun, Rektor UMSU menutup ruang dialog, seolah ingin melakukan pembungkaman terhadap mahasiswa," kata Aidil.

Ia mengatakan, LBH Medan memandang bahwa kedua mahasiswa tersebut dalam melakukan tindakannya berstatus sebagai mahasiswa yang masih dalam tahapan untuk mengembangkan dirinya.

Selanjutnya, kata Aidil, menurut pasal 6 huruf (a) UU No12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi diselanggarakan dengan prinsip pencarian kebenaran ilmiah.

Sehingga, dalam mengambil keputusan, bukan berdasarkan asumsi atau kesewenang-wenangan.

Halaman
12
Penulis: ArgusA
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved