Belum Waktunya Kampanye, Baliho Pasangan Bakal Calon Pilkada Bertaburan di Pinggir Jalan

Kita akan menyurati pemilik baliho tersebut selanjutnya akan kita lanjutkan dengan penertiban dibantu Satpol PP

Belum Waktunya Kampanye, Baliho Pasangan Bakal Calon Pilkada Bertaburan di Pinggir Jalan
TRIBUN MEDAN/ Arjuna Bakkara
TRIBUN MEDAN/ARJUNA BAKKARA Sejumlah baliho kandidat Bakal Calon Kepala Daerah yang digadang-gadang akan bertanding pada Pemilihan Bupati Tapanuli Utara (Taput) Juni 2018 bertebaran si pinggir jalan utana si Taput, Jumay (9/2/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Arjuna Bakkara

TRIBUN-MEDAN.com, TARUTUNG- Sejumlah baliho kandidat Bakal Calon Kepala Daerah yang digadang-gadang akan bertanding pada Pemilihan Bupati Tapanuli Utara (Taput) Juni 2018 mendatang masih bertebaran beberapa tempat-tempat strategis wilayah Taput. 

Padahal, jadwal kampanye belum waktunya. Namin, figur-figur yang kini gencar diperbincangkan di tengah masyarakat Taput itu memperkenalkan slogannya masing-masing melalui spanduk dan fotonya seperti terpantau di Jalan Diponegoro, Jalan Ferdinan Lumban Tobing Tarutung atau ruas jalan lainnya di Taput, Jumat (9/2/2018).

Gambar-gambar sosok sendiri yang dipasang relawan masing-masing kandidat begitu mudah ditemui di jalan-jalan pedesaan yang sekalipun belum beraspal. Sebagian sosialisasi berbahan stiker ditempel di mobil-mobil pengangkutan umum.

Baca: Istri Ahok Mendadak Tanya Kapan Dirinya Selingkuh, kok Disebut Hubungan Vero dengan Ahwa 7 Tahun

Menaggapi hal itu, Sardion Situmeang, Ketua Pengawaslu Kabupaten Tapanuli  mengatakan, baliho dan spanduk pasangan bakal calon Gubernur/ Wakil Gubernur dan Bupati/ Wakil Bupati, akan ditertibkan setelah penetapan pasangan calon. Maraknya baliho dan spanduk yang terpajang sepanjang jalan menurutnya belum terindikasi pelanggaran sebelum penetapan pasangan calon

Baca: Seru! Ini Dia Rumah Terbalik, Tempat Nongkrong Anti Mainstream

Baca: Rolan Hanya Dikenakan Tipiring oleh Polisi, Warga Akhirnya Berduyun ke Kacabjari Pancurbatu

Baca: Duh! Masuk Satpam Bayar, Begitu Kerja Tak Digaji, Sudah Begini Kemana Mengadu?

"Kita akan menyurati pemilik baliho tersebut selanjutnya akan kita lanjutkan dengan penertiban dibantu Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) setempat," kata Sardion Situmeang,

Sedangkan pemasangan baliho dan spanduk kembali dilakukan setelah pengambilan nomor urut dan tempat yang ditetapkan pihak KPU ujarnya. Disinggung masalah mahar Parpol, dirinya mengklaim belum menemukan adanya mahar politik bagi parpol pendukung sesuai hasil investigasi yang dilakukan pada pasangan calon pemilik dukungan.

 "Pengakuan dari pasangan calon, dukungan parpol diberikan dengan gratis dan tidak dipungut biaya, ujarnya.
 Sementara itu ketua KPU Tapanuli Utara-Sumatra Utara mengatakan, pemasangan baliho dan spanduk pasangan Calon Bupati/ Wakil Bupati dimulai sejak penetapan pasangan calon pada tanggal 12 Pebruari mendatang.

Jumlah baliho dan spanduk pasangan calon ditepkan oleh KPU, masing-masing pasangan calon dibenarkan benambah sebanyak 150% dari jumlah yang ditetapkan namun harus mengikuti aturan terkait titik penempatan," ujarnya.(Cr1/Tribunmedan.com)

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved