TribunMedan/

Keberhasilan Pemerintah 60 Persen di Tangan Pangulu

Bupati Simalungun Jopinus Ramli Saragih memberikan motivasi sekaligus menyanjung jabatan Kepala Desa atau Pangulu

Keberhasilan Pemerintah 60 Persen di Tangan Pangulu
Tribun Medan / Royandi
Bupati Simalungun saat mengikuti gelar pasukan pengaman pemilihan Pangulu Nagori di Kabupaten Simalungun, Jumat (5/8/2016) 

TRIBUN-MEDAN.com, RAYA - Bupati Simalungun Jopinus Ramli Saragih memberikan motivasi sekaligus menyanjung jabatan Kepala Desa atau Pangulu, saat menghadiri ramah tamah DPC Apdesi (Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia) se-Sumatera Utara, Jumat (9/2/2018).

Dalam sambutannya, JR mengatakan bahwa keberadaan kepala desa atau pangulu kerap dianggap sebelah mata bagi sebagaian orang, padahal kinerja Pangulu berperan penting dalam jalannya roda pemerintahan.

"Jangan anggap kecil Pangulu, karena Pangulu memiliki tanggung jawab yang besar. Keberhasilan pemerintah ada di Pangulu, terlebih mereka bersinggungan langsung dengan masyarakat," kata JR Saragih

Lebih dari sekadar penting, kata JR, tugas pangulu sangat mulia karena keberhasilan pemerintah sebanyak 60 persen ada di tangan pangulu.

Baca: Ini Harapan JR Saragih saat Pemilihan Pangulu Nanti

"Sudah sepantasnya para pangulu se-Sumatera Utara mendapat hak yang sama seperti di Simalungun, karena pangulu adalah perangkat nagori utama kepala daerah. Sebanyak 60 persen keberhasilan pemerintah tergantung Pangulu," jelasnya. 

Pangulu Desa Gudang Garam Serdang Bedagai Purwono mengatakan, sosok JR Saragih di Kabupaten Simalungun membawa dampak yang baik buat masyarakat, apalagi kesejahteraan pangulu sangat diutamakan.

"Kesejahteraan pangulu sangat diperhatikan oleh Bapak JR dan itulah yang dilakukan di Simalungun, pelayanan masyarakat terus dilakukan dengan cara jemput bola," ujarnya

Baca: 258 Nagori di Simalungun Pilih Pangulu

Sementara, Pangulu Parparean Toba Samosir Saut Penapitupulu memberikan apresiasi kepada JR Saragih yang memberikan contoh kepada wilayah di Sumatera Utara dalam memberikan kenyamanan kepada masyarakat.

"Kemajuan Simalungun luar biasa, sementara Tobasa sudah 24 tahun masih sama saja dan untuk membangun Simalungun bisa menjadi contoh dengan yang lain," ujarnya.(*)

Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help