Home »

Sumut

Disdik Karo Langsung Berikan Edukasi Penanggulangan Gempa

"Para siswa terkejut. Makanya berhamburan ke luar kelas dan video itu juga sempat di publish ke media sosial,

Disdik Karo Langsung Berikan Edukasi Penanggulangan Gempa
TRIBUN MEDAN/RISKY CAHYADI
Sejumlah murid Sekolah Dasar (SD) menyaksikan erupsi Gunung Sinabung, di Karo, Sumatera Utara, Senin (19/2/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / M Andimaz Kahfi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Karo memberikan edukasi cara menghadapi gempa dan erupsi Gunung Sinabung kepada para siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 046417 Naman, Kecamatan Naman Teran, Senin (20/2/2018).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karo, Eddi Surianta Surbakti mengatakan bahwa edukasi ini bertujuan tentang bagaimana penyelamatan diri saat terjadi gempa dan erupsi Sinabung.

"Hal ini dilakukan Disdik Karo agar para siswa-siswi SD, memahami dan mengerti tentang penyelamatan diri saat erupsi Gunung Sinabung terjadi," kata Eddi.

Eddi menuturkan bahwa Disdik bersama Asisten Pemerintahan memberikan pengarahan kepada siswa dan guru SDN 046417 Naman tentang cara menghadapi gempa dan erupsi Gunung Sinabung.

Baca: Sidang Sengketa Pilkada Sumut Digelar Hari Ini, Pengacara JR-Ance Yakin 100 Persen Menang

Baca: Wali Kota Siantar Ngacir dari Kejaran Wartawan, Sebelumnya Dikritik DPRD karena Jarang Ngantor

"Intinya tatap tenang dan jangan panik, berdoa. Selain itu, para guru juga membimbing siswa untuk evakuasi saat erupsi terjadi lagi," katanya.

Lebih lanjut, Eddi mengungkapkan bahwa pada saat erupsi besar Sinabung yang terjadi pada Senin (19/2/2018) pagi kemarin. Para siswa sempat panik dan berhamburan keluar kelas. Bahkan orang tua mereka juga menjemput anak-anaknya. Tapi hari ini kondisi sudah normal. Jadi tidak ada siswa yang diliburkan.

Sebelumnya sempat beredar video para siswa SDN 046417 Naman, Kecamatan Naman Teran di media sosial saat erupsi dashyat Sinabung tersebut berhamburan keluar kelas, dikarenakan para siswa tersebut terkejut.

"Memang sewaktu erupsi terjadi, para siswa terkejut. Makanya berhamburan ke luar kelas dan video itu juga sempat di publish ke media sosial," ujar Eddi.

"Tapi saat ini aktivitas sudah kembali normal. Walau ada beberapa siswa yang tidak hadir karena masih takut dan trauma dengan erupsi Sinabung," jelas Eddi.(cr9/tribun-medan.com)

Penulis: M.Andimaz Kahfi
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help