Home »

Karo

Pascaerupsi Hebat, Brimob Akan Bangun Irigasi di Desa Yang Terdampak Debu Sinabung

Teranyar, Senin (19/2/2018) kemarin terjadi erupsi hebat yang membuat Kabupaten Karo gelap saat siang hari.

Pascaerupsi Hebat, Brimob Akan Bangun Irigasi di Desa Yang Terdampak Debu Sinabung
HAND OUT/ANTO SEMBIRING FOR TRIBUN MEDAN
Gunung Sinabung menyemburkan material vulkanik ketika erupsi, di Karo, Sumatera Utara, Senin (19/2/2018). Gunung Sinabung erupsi dengan tinggi kolom 5.000 meter. 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Array A Argus

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara yang sudah menahun terjadi menimbulkan dampak yang luar biasa bagi masyarakat yang tinggal di areal gunung api tersebut.

Teranyar, Senin (19/2/2018) kemarin terjadi erupsi hebat yang membuat Kabupaten Karo gelap saat siang hari.

Salah satu dampak erupsi adalah tertutupnya irigasi pertanian warga.

Bahkan, mata air yang menjadi sumber irigasi tertutup longsor.

"Kelompok tani yang ada di Desa Payung, Kecamatan Payung tidak bisa bertani karena pengairan sawah rusak akibat erupsi. Setelah mendengar keluhan itu, bapak Kapolda memerintahkan Brimob dan personel Polres Tanah Karo untuk membangun irigasi pertanian warga," kata Kabid Humad Polda Sumut, Kombes Rina Sari Ginting pada Tribun, Selasa (20/2/2018).

Rina mengatakan, di Desa Payung ada 750 hektar lahan warga yang rusak. Sehingga, para petani kehilangan mata pencaharian mereka sejak erupsi terjadi.

"Pak Kapolda bersama Pemkab Karo sudah meninjau langsung lokasi yang terdampak erupsi. Memang kondisi di beberapa desa debunya itu cukup tebal. Yakni lima sampai tujuh sentimeter," katanya.

Baca: BREAKING NEWS: Kecelakaan Beruntun di Simalungun, Pasutri Terjepit di Antara Dua Mobil

Rina mengatakan, selain berencana membangun irigasi pertanian warga, Brimob Polda Sumut, Polres Tanah Karo, dan Pemkab Tanah Karo bersama-sama membuka akses air dari Desa Torong menuju Desa Payung.

Desa Torong itu kebetulan berada tak jauh dari Desa Gurukinayan. Sehingga, perencanaan pembangunan irigasi ini harus benar-benar direncanakan dengan matang agar tidak lagi tertimbun serpihan longsor.

Baca: Lagi Ikut Kegiatan Assessment di Mapolda Sumut, Kompol Edward Sihombing Tiba-tiba Meninggal

Adapun wilayah yang kemarin ditutupi debu erupsi Sinabung yakni Kecamatan Simpang Empat, Kecamatan Namanteran, Kecamatan Payung, Kecamatan Tiganderket, Kecamatan Kutabuluh, Kecamatan Munthe, Kecamatan Tigabinanga dan Kecamatan Juhar.(*)

Penulis: ArgusA
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help