Kaki Rusmini akan Diamputasi, JR Kemudikan Ambulance Lalu Naik Heli dari Desa Pelosok

Bupati Simalungun JR Saragih tetap mengutamakan perhatian pada kesehatan warganya, di sela pencalonan

Kaki Rusmini akan Diamputasi, JR Kemudikan Ambulance Lalu Naik Heli dari Desa Pelosok
JR terbangkan Rusmini dan warga pengidap sakit parah dengan helikopter dari Nagori Lingga Kecamatan Gunung Malela ke RS Perdagangan, Simalungun, Selasa (13/3/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.COM, RAYA - Bupati Simalungun JR Saragih tetap mengutamakan perhatian pada kesehatan warganya, di sela pencalonan diri sebagai calon Gubernur Sumatera Utara.

JR terlihat terkejut ada Rusmini yang terbaring lemas dengan kondisi kaki kiri membusuk sudah seminggu di Nagori Lingga Kecamatan Gunung Malela, Selasa (13/3/2018)

JR terlihat langsung memperhatikan kondisi laki Rusmini yang telah menghitam dan luka. JR menanyai penyebabnya.

Ia menduga Rusmini mengidap diabetes akut, dan memanggil Kadis Kesehatan untuk menanyakan, apakah Rusmini harus menjalani amputasi.

"Kita harus tegas melihat ini, kalau sudah begini harua diamputasi ya buk. Apa ibu mau? Ini kakinya sudah membusuk dan selnya sudah mati, khawatirnya nanti menjalar ke bagian lain. Ibu jangan takut biaya, semuanya kami yang urus, biar kita bawa ke RS saja ya," kata JR Saragih.

heli
heli ()

Mendengar harus diamputasi, Rusmini ssmpat ciut. Namun JR langsung menyemangati Rusmini bahwa di zaman sekarang sudah ada kaki palsu.

"Ini demi kesehatan ibu. Jangan berkecil hati dan takut ya, sudah ada kok laki palsu. Semua gratis kita tangani ya," ujar JR bernada lembut sembari merekahkan bibir.

Mendengar JR menyemangatinya, Rusmini ibu dua anakn ini, akhirnya rela kaki kirinya diamputasi. Kendati demikian dia tetap mengutamakan berembuk untuk musyawarah dengan keluarganya.

Kata Rusmini, ia sudah beberapa kali berobat ke bidan namun tak ada perubahan membaik. Penyakit ini dideritanya setelah pulang berladang. Ada denyut tak tertahankan, dan kaki kebas yang kemudian menghitam seperti membusuk.

"Kalau kata orang-oramg tua aku terpihak iblis setan gitu. Ini tanya ke keluarga dulu apa mereka sepakat diamputasi. Mana tahu ada harapan berobat alternatif. Ini masih terasa kok dan bisa kugerakkan kakinya, belum mati gak bisa bergerak," ungkapnya.

Rusmini pun akhirnya digotong ke ambulance yang dikemudikan langsung oleh JR Saragih. Ia akan dibawa terbang untum berobat ke RS Perdagangan dengan helikopter milik JR Saragih.

Upaya ini dilakukan mengingat lokasi Nagori Lingga jauh dari RS umum, keberadaan Nagori ini jauh dari jalan raya, kondisi akses jalan yang dilakui juga sangat buruk karena bebatuan dan tanah merah.

Tak hanya Rusmini, tiga waega lain yang sakit parah juga dirujuk ke RS Perdagangan dwngan helikopter. Sedangkan yang masih tertangani dirawat di lokasi dan ada juga yang dibaa dengan ambulance puskesmas.

(Dyk/tribun-medan.com)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Silfa Humairah
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help