Paralympic Asahan Dan Batubara Terbentuk

National Paralympic Committee (NPC) Sumut kembali membentuk dua kepengurusan di dua kabupaten

Paralympic Asahan Dan Batubara Terbentuk
Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) Asahan memilih Ketua NPC Asahan di Aula Kantor Disporapar Asahan 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Victory Arrival Hutauruk

Tribun-Medan.com, MEDAN - National Paralympic Committee (NPC) Sumut kembali membentuk dua kepengurusan di dua kabupaten yaitu NPC Kabupaten Asahan dan Batubara.

Informasi yang dihimpun Tribun-Medan.com, Abdul Karim terpilih secara aklamasi untuk memimpin NPC Batubara periode 2018-2023.

Sedangkan Andi Ernes Simatupang terpilih sebagai ketua NPC Asahan lewat Musorkab di Aula Kantor Disporapar Asahan, 10 Maret 2018.

Dengan Terbentuknya dua kepengurusan ini maka saat ini sudah ada 13 pengurus NPC kabupaten dan kota di Sumut.

Diantaranya, Medan, Deli Serdang, Langkat, Binjai, Sergai, Tebingtinggi, Samosir, Karo, Padang Sidempuan, Tanjungbalai, Tapanuli Utara, Asahan, dan Batubara.

Baca: JR : Pemerintah yang Butuh Warga Punya KTP, Bukan Sebaliknya

Wakil Sekretaris NPC Sumut Suliadi, mengatakan pembentukan pengcab merupakan salah satu program utama pengurus pada tahun 2018, agar memudahkan menjaring atlet - atlet difabel di tiap cabang olahraga, yang selama ini tidak terpantau bakatnya di kabupaten/kota.

"Tujuan dari terbentuknya NPC di kabupaten dan kota adalah merekrut atlet - atlet baru. Nantinya bukan hanya dipersiapkan menatap ajang Peparnas 2020 di Papua, tapi juga untuk persiapan Peparnas 2024. Apalagi Sumut mengajukan tuan rumah bersama Aceh pada PON 2024 Kita berharap tuan rumah PON 2024 bisa tercapai. Makanya atlet harus dipersiapkan sejak dini," katanya, Selasa (13/3/2018) lewat sambungan selular.

Ia meminta untuk setiap pengurus yang telah terbentuk untuk segera bekerja dan membentuk dan membina sejumlah cabang olahraga yang menjadi andalan di masing - masing NPC.

"Kita harapkan mereka bentuk pengcab - pengcab cabang olahraga. Artinya di setiap kabupaten dan kota kita harapkan punya olahraga andalan. Misalnya Karo unggul di atletik, atau Sergai angkat berat," jelasnya.

Bertambahnya kepengurusan daerah juga dapat memudahkan pelaksanaan even di daerah. Hal ini sangat penting sebagai sarana penjaringan atlet difabel yang potensial, selanjutnya diproyeksikan membela Sumut di even nasional seperti kejurnas maupun Peparnas.

"Salah satu perekrutan atlet itu, ya dengan mengadakan even olahraga. Mereka juga harus koordinasi dengan pengurus NPC provinsi, dan jalin kerja sama dengan pemerintah kabupaten dan kota masing - masing. Sejauh ini, mereka (pemerintah) sangat menyambut baik pembentukan NPC di daerahnya," pungkasnya.

(cr10/tribunmedan.com)

Penulis: Victory Arrival Hutauruk
Editor: Silfa Humairah
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help