Polsek Sunggal Musnahkan Barang Bukti Ganja Seberat 37 Kilo

Polsek Sunggal melakukan pemusnahan barang bukti narkoba jenis ganja di Jalan TB Simatupang No 240 Sunggal

Polsek Sunggal Musnahkan Barang Bukti Ganja Seberat 37 Kilo
Polsek Sunggal musnahkan barang bukti jenis ganja kering, Selasa (13/3/2018). (Tribun Medan / Sofyan Akbar) 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Sofyan Akbar

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Polsek Sunggal melakukan pemusnahan barang bukti narkoba jenis ganja di Jalan TB Simatupang No 240 Sunggal.

Barang bukti yang dimusnahkan sebanyak 37 bal atau seberat 36.808 gram. Ganja tersebut dimusnahkan dengan cara dibakar dengan menggunakan tong dan selanjutnya dimusnahkan sampai habis.

"Kita menyisihkan 192 gram ganja sebagai barang bukti di persidangan,"kata Kapolsek Sunggal Kompol Wira Prayatna, Selasa (13/3/2018).

Wira menceritakan ada tiga tersangka dalam kasus narkoba jenis ganja ini. Ketiganya masing-masing, Sudirman alias Dirman alias Datok (20) warga Jalan Desa Jurung SDN 14 Sawang, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara, Muhammad Nasri alias Adam (33) warga Jalan Desa Jurung Cut Glumpang Sawang, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara, dan Syamsul Arifin (41) warga Jalan Abadi, Gang Mulia No 89, Kelurahan TanjungRejo, Kecamatan Medan Sunggal.

Wira menceritakan pada Jumat (10/11/2017) sekitar pukul 19.00 WIB anggota Polsek Sunggal mendapat informasi dari masyarakat bahwa kedua pelaku, sedang istirahat di Hotel Maltra In, yang akan melakukan Transaksi Narkotika Jenis Ganja Kering yang baru saja dibawanya dari Aceh.

Baca: Djarot Ingin Rumah Pengasingan Bung Karno Memiliki Pusat Informasi

Atas informasi tersebut, kata Wira, Anggota Unit Reskrim Polsek Sunggal melakukan penyelidikan dan mendatangi hotel tersebut.

"Setelah polisi bertemu dengan pelaku, pelaku menjelaskan bahwa Ganja tersebut disimpan di rumah teman pelaku yang bernama Syamsul Arifin (menunggu berangkat ke Pekanbaru pada keesokan harinya) hingga akhirnya Polisi dan kedua peaku tersebut, menyuruh Syamsul datang ke hotel Maltra In, tepatnya Jalan Ngumban Surbakti, Kelurahn Sempakata, Kecamatan Medan Selayang,"ujar mantan Kapolsek Delitua ini.

Pada Sabtu (11/11/2017) sekitar pukul 09.20 WIB pelaku atas nama Syamsul Arifin datang menemui kedua warga Aceh. "Sementara anggota sudah berada di sekitar hotel Maltra In. Kita melihat Syamsul datang dengan becak motor dan membawa daun ganja kering sebanyak 37 bal. Kita langsung menangkap mereka bertiga,"kata Wira.

Setelah menginterogasi ketiganya, sambung Wira, ternyata narkoba jenis ganja itu milik Sudirman alias Dirman alias Datok dan Muhammad Nasri alias Adam.

"Ketiga pelaku dibawa ke kantor Komando Polsek Sunggal. Guna dilakukan penyidikan terhadap tindak Pidana Narkotika yang dimaksud, sesuai dengan UU yang berlaku di Wilayah NKRI,"ujar Wira.

Terhadap tersangka, kata pria dengan melati satu dipundaknya, dipersangkakan Melanggar Perkara Tindak Pidana.

"Setiap orang yang tanpa hak atau melawan hukum, menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menjadi perantara dalam jual beli, menukar, menyerahkan, atau menerima Narkotika Golongan I, dalam bentuk Tanaman beratnya melebihi 1 (satu) Kilogram Narkotika Jenis Ganja dan atau setiap orang yang tanpa hak atau melawan hukum menanam, memelihara, memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan Narkotika Golongan I dalam bentuk tanaman Jenis Ganja Beratnya melebihi 1 (satu) kilogram, dan atau percobaan atau permufakatan jahat untuk melakukan tindak pidana Narkotika dan Prekusor Narkotika sebagaimana dimaksud dalam Pasal 114 Ayat (2) Yo 111 Ayat (2) Yo Pasal 132 Ayat (1). Dari UU RI Nomor 35 Tahun 2009,"katanya.

(Akb/tribun-medan.com)

Penulis: Sofyan Akbar
Editor: Silfa Humairah
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved