Begini Nasib 8 Muda-muda yang Tercydug Pesta Ekstasi di Karaoke

Mereka ditangkap di room D2 KTV Stroom dan kemudian beserta barang bukti diamankan ke Polrestabes Medan.

Begini Nasib 8 Muda-muda yang Tercydug Pesta Ekstasi di Karaoke
TRIBUN MEDAN/Chandra Simarmata
Delapan terdakwa perkara penyalahgunaan narkotika jenis ekstasi saat menjalani sidang vonis di PN Medan, Rabu (14/3/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Chandra Simarmata

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN -Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan yang diketuai oleh Erintuah Damanik menjatuhkan hukuman 8 bulan penjara terhadap 8 terdakwa atas perkara penyalahgunaan narkotika jenis ekstasi, Rabu sore (14/3/2018).

"Menyatakan para terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana bersama-sama tanpa hak dan melawan hukum menyalahgunakan narkotika golongan satu bukan tanaman bagi diri sendiri. Menjatuhkan pidana oleh karena itu kepada terdakwa dengan pidana penjara masing-masing selama 8 bulan. Menyatakan barang bukti dalam perkara ini, dua butir pil ekstasi seberat 0.59 gram dirampas untuk dimusnahkan,” ujar Ketua Majelis Hakim Erintuah Damanik saat membacakan amar putusannya di ruang sidang Cakra 9 PN Medan.

Nama-nama kedelapan terdakwa tersebut adalah Leo Mandala Putra, Riko Sarnando Sinaga, Maulia Oktarina, Febry Kinana, Ezra Paulus Sinaga, Uci Ramadani, Ramadani, Hari Setiawan.

Baca: 47 Kg Ganja Campur Kunyit dalam Karung Goni Ditemukan di Tepi Sungai, Siapa Pemiliknya?

Baca: Pengusaha Cekoki 7 Wanita Muda Pakai Narkoba, Lalu Dijajakan ke Pria Hidung Belang

Para terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal 127 ayat (1) huruf (a) UU RI No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika Jo. Pasal 55 ayat (1) Ke-1 KUHPidana.

Dalam pertimbangannya, Hakim menilai perbuatan para terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam upaya pemberantasan penyalahgunaan narkoba.

Meski 8 terdakwa tersebut hanya tertunduk selama mendengar berkas vonisnya dibacakan, namun dua terdakwa yang duduk di bangku depan tampak berpelukan setelah mendengar vonis 8 bulan yang dibacakan Hakim Ketua Erintuah Damanik.

Vonis 8 bulan penjara yang dijatuhkan majelis hakim terhadap para terdakwa lebih ringan dibandingkan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Joice V. Sinaga dari Kejaksaan Negeri Medan yang awalnya menuntut para terdakwa satu tahun penjara.

Atas vonis 8 bulan penjara tersebut, kedelapan terdakwa langsung menyatakan menerima dan tidak mengambil upaya hukum banding saat ditanya oleh Hakim ketua.

"Para terdakwa bagaimana?" tanya hakim ketua kepada para terdakwa.

"Terima pak Hakim," ujar kedelapan terdakwa secara serentak di muka persidangan untuk menjawab pertanyaan hakim ketua.

Begitu juga dengan JPU menyatakan menerima atas putusan majelis hakim tersebut.

Untuk diketahui, sebelumnya kedelapan terdakwa ditangkap oleh petugas kepolisian pada hari Minggu tanggal 22 Oktober 2017 sekira pukul 01.00 WIB saat menggelar pesta ekstasi di sebuah karaoke di kota Medan. Mereka ditangkap di room D2 KTV Stroom dan kemudian beserta barang bukti diamankan ke Polrestabes Medan. (Cr11/Tribun-medan.com)

Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help