Jelang Piala Dunia 2018, Rusia Gelar Operasi Besar-besaran, Tangkap 60 Orang Terduga Perekrut ISIS

Dinas rahasia Rusia (FSB) menangkap puluhan terduga perekrut anggota ISIS dalam 17 penggerebekan

Jelang Piala Dunia 2018, Rusia Gelar Operasi Besar-besaran, Tangkap 60 Orang Terduga Perekrut ISIS
Ministry of Internal Affairs/Mirror
Pasukan dinas rahasia Rusia (FSB) dan polisi menggerebek salah apartemen di kota Moskwa untuk mencari perekrut anggota ISIS. 

TRIBUN-MEDAN.COM - Dinas rahasia Rusia (FSB) menangkap puluhan terduga perekrut anggota ISIS dalam 17 penggerebekan di berbagai lokasi di kota Moskwa.

Selain menahan puluhuan orang, polisi juga mengamankan ratusan paspor palsu, kartu tanda pengenal, kartu kredit, dan dokumen medis.

FSB yakin telah membongkar sebuah jalur utama perekrutan ISIS yang mengincar para pemuda yang kemungkinan besar tak mengerti bahayanya bergabung dengan organisasi itu.

Puluhan orang ini diduga kuat merekrut para pemuda Rusia lalu mengirim mereka ke Suriah dan Irak dengan menggunakan para perempuan sebagai "kurir".

"Sebanyak 60 orang asing ditahan. 17 apartemen digeledah dan kami menemukan laboratoriun tempat membuat dokumen palsu," demikian pernyataan FSB.

Dokumen palsu yang disita adalah 200 formulir kosong pendaftaran alamat sementara, 200 kartu imigrasi palsu, 50 catatan medis, 40 kartu kredit, 50 paspor dari negara Asia Tengah, dan 100 stempel yang digunakan pada paspor.

Selain itu sejumlah besar uang tunai, yang jumlahnya tidak disebutkan, juga disita.

Operasi besar-besaran ini digelar hanya tiga bulan sebelum Piala Dunia 2018 digelar di Rusia. (*)

Artikel sebelumnya telah tayang di Kompas.com dengan judul; Dinas Rahasia Rusia Tangkap 60 Perekrut Anggota ISIS di Moskwa

Editor: Abdi Tumanggor
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help