Semangat Baru Sumut

Pemkab Simalungun Dipuji Pemkab Bangka Soal Tata Kelola Potensi Alam dan Layanan Kesehatan

Kepala Bappeda, Sarimuda Purba di hadapan rombongan Kabupaten Bangka Tengah menyampaikan profil Kabupaten Simalungun.

Pemkab Simalungun Dipuji Pemkab Bangka Soal Tata Kelola Potensi Alam dan Layanan Kesehatan
Tribun Medan/Dedy
Bupati Simalungun dan Partuha Maujana menyematkan Hiou Pamotting kepada rombongan Forkopimda Bangka Tengah serta pertukaran plakat Kabupaten antar kedua daerah. 

Laporan Wartaaan Tribun Medan, Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.COM, RAYA - Bupati Simalungun JR Saragih bersama Sekda dan para Kepala SKPD Pemkab Simalungun menyambut kedatangan rombongan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bangka Tengah di Pendopo rumah dinas Bupati Simalungun, Pamatang Raya, Kamis, (15/3/2018).

Kedatangan rombongan Forkopimda Kabupaten Bangka Tengah ini dalam rangka bersilaturahmi sekaligus menggali informasi tentang tata kelola pemerintahan dan pengembangan kawasan pariwisata yang ada di Kabupaten Simalungun.

Kepala Bappeda, Sarimuda Purba di hadapan rombongan Kabupaten Bangka Tengah menyampaikan profil Kabupaten Simalungun.

Di antaranya Indeks Pembangunan Manusia di Simalungun yang diatas rata- rata provinsi, pertumbuhan ekonomi 5, 18%.

"Potensi unggulan pertanian berupa padi dan jagung. Di bidang pariwisata, Simalungun menjadi Kabupaten yang paling siap dalam menyambut pengunjung ke Danau Toba melalui parapat dibanding Kabupaten lain yang ada di kawasan Danau Toba," katanya.

Baca: KPU Sumut Tetap Nyatakan JR Saragih Tidak Memenuhi Syarat, Ance Selian Tidak Mau Teken Berita Acara

Bupati Simalungun dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kabupaten Simalungun menyambut dengan tangan terbuka atas kunjungan dari Kabupaten Bangka Tengah.

Bupati juga menjelaskan bahwa Simalungun yang mendiami kawasan Danau Toba, menjadi Kabupaten yang paling sering mengadakan perhelatan untuk menarik minat pengunjung dan menjadi tempat bagi pemerintah pusat mengadakan kegiatan dalam rangka menjadikan Danau Toba menjadi kawasan destinasi pariwisata nasional.

"Kabupaten Simalungun menjadi Kabupaten pertama yang menerapkan pelayanan Puskesmas dan kantor Camat buka 24 jam serta pelayanan catatan sipil yang hadir kesetiap desa dalam rangka jemput bola melayani kebutuhan masyarakat. Saya sampaikan selamat datang di bumi ‘habonaron do bona’, dengan pertemuan ini saya berharap kita dapat saling berbagi pengalaman dan program untuk dapat saling membangun daerah kita masing masing menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Baca: Kuasa Hukum JR Saragih Sebut KPU Sumut Bisa Dipidanakan

Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh dalam menyampaikan bahwa Kabupaten Bangka Tengah memiliki luas wilayah 2.225 Km2, dengan jumlah penduduk sekitar 187.000 penduduk yang berada di 6 Kecamatan. Hasil daerah yang terkenal adalah madu pahit dan jamur pelawan, sedangkan hasil pertanian dari wilayah Bangka Tengah yakni Lada putih, Karet dan Sawit selain dari pertambangan.

"Untuk pariwisata Kabupaten Bangka Tengah memiliki pantai yang indah, wisata manggrove dan Danau Linau. Daerah kami memiliki garis pantai dengan keindahan tersendiri, namun kami masih berjuang untuk meningkatkan potensi wilayah kami menjadi salah satu daerah tujuan wisata yang terkenal. Untuk itu kami datang kemari untuk belajar tentang pengelolaan pariwisata dan tata kelola pemerintahan, karena Kabupaten kami masih berusia muda,” ujar Bupati Bangka Tengah.

Bupati Bangka Tengah juga mengapresiasi akan program Bupati Simalungun dalam melayani masyarakat dengan membuka Kantor Camat dan Puskesmas selama 24 Jam.

"Kantor Camat dan Puskesmas buka 24 jam serta kordinasi yang baik dalam Forkopimda adalah hal yang baik untuk ditiru. Semoga apa yang kami dapat dari sini, dapat kami terapkan di Bangka Tengah,” ujar Bupati Bangka Tengah.(*)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help