Pilkada Serentak

Gak Disangka, Segini Jumlah Kotak Suara yang Mau Diperbaiki KPU Deliserdang

KPU Deliserdang mengecek dan memperbaiki kotak suara yang selama ini tersimpan di dalam gudang

Gak Disangka, Segini Jumlah Kotak Suara yang Mau Diperbaiki KPU Deliserdang
TRIBUN MEDAN/Indra Gunawan Sipahutar
Komisioner KPU Deliserdang, Bobby Indra Prayoga (paling kanan) memantau pekerja yang memperbaiki kotak suara Selasa, (20/3/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Indra Gunawan Sipahutar

TRIBUN-MEDAN.com,LUBUKPAKAM-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Deliserdang mengecek dan memperbaiki kotak suara yang selama ini tersimpan di dalam gudang KPU Selasa, (20/3/2018). Jumlahnya pun mencapai 13 ribuan kotak dan merupakan kotak suara bekas pemilu 2004. Perbaikan kotak suara ini dilakukan oleh belasan orang pekerja di area halaman belakang kantor KPU.

Komisioner KPU Deliserdang, Bobby Indra Prayoga mengatakan pada saat ini berdasarkan PKPU Nomor 2 tahun 2018 sedang memasuki tahapan proses pengadaan perlengkapan pemungutan dan perhitungan suara. Tahapan ini dimulai dari tanggal 17 hingga 26 Maret mendatang. Disebut pengecekan dilakukan untuk memastikan apakah kotak suara yang akan dipergunakan layak atau tidak.

" Jumlah TPS (Tempat Pemungutan Suara) di Deliserdang ini seluruhnya ada 3.372. Untuk satu TPS akan dipergunakan dua kotak suara. Selain untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati juga untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur. Total kotak suara yang dibutuhkan itu 6.744 lah,"ujar Bobby.

Baca: Anggota DPRD Tanggapi Rencana Pemko Medan Bangun Fasilitas BRT dan LRT

Baca: PROMO! Beli Dua Item Dapat Diskon 15 Persen di Berrybenka

Disebut setelah diperbaiki dan kondisinya dipastikan layak untuk dipakai selanjutnya akan dipisahkan dari yang belum di cek. Penyaluran kotak suara ini disebut Bobby akan dilakukan pada bulan Juni mendatang atau 3 hari sebelum hari pencoblosan. Ia menjelaskan untuk keperluan perlengkapan di TPS saat ini KPU Deliserdang juga sedang melakukan pengusulan tender ke Unit Layanan Pengadaan (ULP) KPU Provinsi.

" Jadi untuk paku, tinta dan lainnya saat ini sedang pengusulan tender. Kita tenderkan ke Provinsi karena kita di sini gak ada ULP. Intinya kotak suara yang kita punya lebih jumlahnya dari yang akan dipakai lah. Usia kotak suara ini memang sudah lama juga karena dipakai mulai pemilu 2004 tapi biar bagaimana pun banyak juga yang masih bisa diperbaiki,"kata Bobby. (dra/tribun-medan.com).

Penulis: Indra Gunawan
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved