Tiga Kepala Desa Deliserdang Kena OTT, Begini Saran dari Kabag Hukum

Ketiga Kepala Desa itu dipecat lantaran telah divonis bersalah di Pengadilan setelah terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) pihak kepolisian.

Tiga Kepala Desa Deliserdang Kena OTT, Begini Saran dari Kabag Hukum
Tribun Medan/Indra
Kabag Hukum Pemkab Deliserdang, Edwin Nasution. 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Indra Gunawan Sipahutar

TRIBUN-MEDAN.com,LUBUKPAKAM - Pemkab Deliserdang mengingatkan agar setiap Kepala Desa (Kades) dapat terus berkordinasi dan berkonsultasi dengan Pemkab.

Kabag Hukum Deliserdang, Edwin Nasution menyebut hal ini lantaran sudah ada tiga Kades di Deliserdang yang dipecat atau diberhentikan lantaran terlibat tindakpidana.

Kasusnya pun sudah berkekuatan hukum tetap (inkracht) sehingga sanksi pemecatan merupakan sanksi yang tepat untuk diterima.

"Kalau memang ada keragu-raguan sering-sering konsultasi. Bisa sama Bagian Hukum ataupun yang lainnya. Kalau memang gak bisa datang bisa juga menelepon. Kadang ada Kades ini karena dianggap sudah kebiasaan di desa itu dilakukannya juga. Kalau ditanya kenapa kau lakukan dijawab sudah biasanya seperti itu. Tidak benar yang seperti itu," ujar Edwin Kamis, (22/3/2018).

Baca: BREAKING NEWS: Tabrakan Beruntun, Veronika Tewas Tergilas dan Tiga Orang Patah Tulang

Mantan Sekcam STM Hilir ini berpendapat saat ini banyak Kades yang tidak paham akan peraturan khususnya Undang Undang Tindak Pidana Korupsi.

Sebagai seorang pemimpin ia menyebut sudah sepatutnya untuk dapat mematuhi peraturan.

Ia berpendapat hal ini mungkin bisa terjadi lantaran Sumber Daya Manusia (SDM) nya.

Sementara itu berdasarkan data yang himpun Tribun di kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Deliserdang, tiga Desa yang Kadesnya telah dipecat.

Halaman
12
Penulis: Indra Gunawan
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help