Jelang Batas Pendaftaran, terkait Gugatan Bapaslon Rimso-Bilker KPU Dairi Tunggu Petunjuk

KPU telah menerima salinan putusan dari PTTUN. Namun, KPU Dairi masih menunggu petunjuk dari KPU Provinsi Sumut.

Jelang Batas Pendaftaran, terkait Gugatan Bapaslon Rimso-Bilker KPU Dairi Tunggu Petunjuk
ilustrasi
Pilkada 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Tommy Simatupang

TRIBUN-MEDAN.com, SIDIKALANG - Hingga saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dairi belum menentukan sikap akan mendaftarkan kasasi atau tidak, usai Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) Medan mengabulkan gugatan pasangan bakal calon Bupati Dairi Rimso Sinaga-Bilker Purba.

Komisioner KPU Dairi Bidang Teknis Freddy Sinaga mengungkapkan KPU telah menerima salinan putusan dari PTTUN. Namun, KPU Dairi masih menunggu petunjuk dari KPU Provinsi Sumut.

"Belum ada petunjuk dari provinsi tentang itu (kasasi). Rencananya, kalau besok (hari ini) belum ada petunjuk, kita langsung datang ke KPU provinsi,"ujar Freddy, Minggu (1/4/2018).

Freddy mengatakan KPU diberikan waktu hingga Selasa (3/4/2018) untuk mengambil sikap.

"Iya betul, hari Selasa kita terakhirmendaftar. Kita tunggu dulu petunjuk dari provinsi,"tambahnya.

Sedangkan Bakal Calon Bupati Dairi, Rimso Sinaga mengharapkan KPU tak perlu lagi melakukan kasasi. Calon yang maju dari jalur perseorangan ini menilai jika KPU mengajukan kasasi dapat mengurangi jatah kampanye pihaknya.

Baca: Cagub Edy Rahmayadi Sesali Provinsi Sumut Berada Peringkat Terbawah Ketujuh

"Masa kasasi di Mahkamah Agung (MA) kan 20 hari kerja. Ini sudah bulan empat, tentu saja akhir bulan empat ini baru putusan. Jadi, kan hanya sebulan waktu saya untuk kampanye,"ujar Rimso Sinaga.

Rimso mengharapkan KPU segera menjalankan perintah PT TUN untuk menjadikannya calon nomor urut 3 yang bersaing dengan Depriwanto-Azhar dan Eddy-Jimmy.

"Tim saya sudah terus mendesak agar segera turun untuk melakukan kampanye. Kita berharap KPU dapat mengambik sikap yang terbaik,"katanya.  

Sementara diketahui, pengacara Rimso-Bilker, Sabruddin menilai putusan PTTUN telah bersifat mutlak. Meskipun KPU melakukan kasasi di tingkat MA.

Seperti diketahui, Bapaslon Rimso-Bilker memenangkan sidang sengketa Pilkada Dairi di tingkat PTTUN. Pasangan ini banding ke tingkat PTTUN, karena sebelumnya dinyatakan tidak memenuhi syarat oleh KPU dan Panwaslih.(tmy/tribun-medan.com)

Penulis: Tommy Simatupang
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help