Deliserdang Tuan Rumah Seminar Sistem Pertahanan Semesta Provsu Tahun 2018

Untuk meningkatkan peran Pemerintah Daerah dalam menyiapkan sistem pertahanan semesta digelar Seminar sehari Sishanta

Deliserdang Tuan Rumah Seminar Sistem Pertahanan Semesta Provsu Tahun 2018
IST
Seminar Sistem Pertahanan Semesta Provsu Tahun 2018 di Aula Cendana Kantor Bupati Deliserdang, Lubukpakam, Kamis (29/3). 

TRIBUN-MEDAN.COM, LUBUKPAKAM - Untuk meningkatkan peran Pemerintah Daerah dalam menyiapkan sistem pertahanan semesta digelar Seminar sehari Sishanta (Sistem Pertahanan Semesta ) tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2018 bagi Kepala Bappeda se-Sumatera Utara, perwakilan tokoh masyarakat dan mahasiswa yang dipusatkan di Kabupaten Deliserdang dengan menghadirkan Nara Sumber Kepala Kantor Kementerian Pertahanan Keamanan Provinsi Sumatera Utara Kol Inf Azhar Mulyadi SE dan Kaban Kesbang Sumut , Kamis (29/3) di Aula Cendana Kantor Bupati Deliserdang, Lubukpakam. Diawali dengan tukar menukar cenderamata.

Baca: Zainuddin Mars Resmi Buka MTQ ke-51 dan FSN ke-40 Kabupaten Deliserdang

PLT Bupati Deliserdang H Zainuddin Mars diwakili Sekdakab Darwin Zein S.sos didampingi Unsur FKPD, Asisten I Dedy Maswardi MAP, Asisten III Jentarlim Purba SH, para Staf ahli Bupati, Kaban Kesbang Pol Togar Panjaitan dan pimpinan OPD terkait lainnya, menyambut baik dan terimakasih dilaksanakannya seminar Sishanta tingkat Provinsi Sumut tahun 2018 di Kabupaten Deliserdang sebagai tuan rumah, diyakini akan melahirkan gagasan, ide serta buah pikiran yang nantinya untuk semakin memperkuat komitmen bersama menjadikan Sumatera Utara yang bebas dari ancaman gangguan hambatan dan tantangan, karena di era perkembangan zaman ini kita kerap diperhadapkan dengan munculnya berbagai tantangan serta ancaman.

Sementara Kakan Kemenhankam Sumut Kol Inf Azhar Mulyadi dalam paparannya diantaranya menjelaskan bahwa system pertahanan semesta adalah system pertahanan yang bersifat semesta dengan melibatkan seluruh warga Negara, wilayah dan Sumber Daya Nasional lainnya yang dipersiapkan secara dini oleh Pemerintah dan diselenggarakan secara total untuk menegakkan kedaulatan Negara, mempertahankan wilayah NKRI dan keselamatan bangsa Indonesia dari setiap ancaman.

Baca: Zainuddin Mars Yakin Deliserdang Akan Menjadi Contoh Pilkada yang Damai

Azhar Mulyadi pada seminar sehari yang dirangkai dengan tanya jawab ini menyimpulkan bahwa Hanneg (Pertahanan Negara) merupakan fungsi pemerintah, dalam menyiapkan dan membangun Hanneg dilakukan secara sinergi dengan semua pemangku kepentingan baik di pusat maupun daerah.

Upaya mewujudkan Hanneg bersifat semesta, Pemerintah merumuskan kebijakan strategis melalui pengelolaan dan penataan Sumdanas (Sumberdaya Nasional ) untuk kepentingan Hanneg. Untuk pengelolaan wilayah dilakukan melalui Penataan Ruang Nasional secara terencana dan terpadu yang meliputi aspek pertahanan dan kesejahteraan, sedangkan tata ruang Wilayah Pertahanan yang bersinergi dengan system tata ruang Nasional, sangat tepat.

Editor: Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help