Penangkapan Diduga Tidak Sesuai Prosedur, Bandar Narkoba Prapid-kan Polres Simalungun

"Kualifikasi perkaranya jelas, yakni tentang sah atau tidaknya penangkapan, detailnya nanti kita dengar bersama di persidangan

Penangkapan Diduga Tidak Sesuai Prosedur, Bandar Narkoba Prapid-kan Polres Simalungun
Tribun Medan/Dedy Kurniawan
Tersangka Bandar Sabu Pematangsiantar, Rita Siregar (kanan) ditahan di Mapolres Sumalungun. 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.COM, RAYA - Bandar narkotika asal Kota Pematangsiantar, Rita Siregar yang ditangkap Polres Simalungun melakukan perlawanan hukum.

Rita memprapidkan Polres Simalungun ke Pengadilan Negeri Simalungun.

"Sidangnya hari Rabu ini, nanti kita dengar bersama apa yang menjadi alasan detail pemohon mengajukan praperadilan," kata Humas Pengadilan Negeri Simalungun, Justiar Ronal, Senin (2/4/18)

Justiar Ronal menjelaskan, pemohon (Rita Siregar) merasa bahwa penangkapan dan penyitaan barang bukti yang dilakukan pihak Kepolisian Simalungun tidak sesuai dengan aturan mekanisme yang berlaku.

"Kualifikasi perkaranya jelas, yakni tentang sah atau tidaknya penangkapan, detailnya nanti kita dengar bersama di persidangan yang akan dibuka untuk umum," katanya.

Baca: Sepak Terjang Kumay, Bandar Narkoba Jaringan Internasional yang Sudah Lama Diincar BNN

Dijelaskan Justiar Ronal bahwa langkah prapradilan merupakan langkah hukum dalam mengawasi proses penegakan hukum yang dilakukan aparat penegak hukum baik polisi mau pun Jaksa Penuntut Umum.

"Praperadilan ini sebagai wadah sosial kontrol hakim terhadap proses penegakan hukum yang dilakukan aparat. Jadi, nanti hakim yang akan memutus keabsahan proses penegakan hukum yang telah dilakukan aparat penegak hukum"ujarnya

Pada Rabu mendatang, sidang Prapid yang diajukan Rita Siregar telah ditunjuk Roziyanti untuk bertindak menjadi Hakim Tunggal yang didampingi Martin Oktavianus sebagai Panitera.

Halaman
123
Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved