Pilkada Serentak

Masih Satu Calon, Seperti Ini Konsep Debat di Deliserdang

Komisioner KPU Deliserdang, Bobby Indra Prayoga mengatakan yang ada hanya debat calon pertajam visi dan misi.

Masih Satu Calon, Seperti Ini Konsep Debat di Deliserdang
Tribun Medan/Indra
Calon Bupati dan Wakil Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan dan M Ali Yusuf Siregar ketika menghadiri acara penetapan calon oleh KPUD Deliserdang di hotel Prime Plaza Senin, (19/2/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Indra Gunawan Sipahutar

TRIBUN-MEDAN.COM, LUBUKPAKAM - KPUD Deliserdang akan melaksanakan debat terhadap calon Bupati dan Wakil Bupati Deliserdang dibulan ini.

Kegiatan ini sebagai pengganti pelaksanaan debat kandidat.

Karena hingga kini masih ada satu pasangan calon yang sudah ditetapkan oleh KPUD maka dari itu konsep yang direncanakan tidak ada pelaksanaan debat kandidat.

Komisioner KPU Deliserdang, Bobby Indra Prayoga mengatakan yang ada hanya debat calon pertajam visi dan misi. Ia menyebut konsepnya pun disesuaikan dengan PKPU nomor 4 tahun 2017 dan PKPU nomor 14 tahun 2017.

Nantinya hanya ada moderator, panelis dan aktivis. Untuk pelaksanaanya Bobby menyebut pelaksanaannya tetap dikoordinasikan dengan KPU Sumut.

Baca: Cabup Dairi Eddy-Jimmy: Kami Siap Bangun Tanah Leluhur Kami

"Kalau untuk tanggalnya belum kita rapatkan lagi dan pastikan tapi yang jelas akhir bulan ini. Konsepnya hanya pertajam visi dan misi calon saja nanti. Nanti akan ditanya sama akademisi dan aktivis bagaimana sebenarnya visi dan misi calon kedepan. Tempatnya nanti akan kita lakukan di dalam hotel lah," kata Bobby Rabu, (4/4/2018).

Ia menyebut pelaksanaan debat tetap dilakukan selama tiga kali. Untuk yang pertama akan diikuti hanya oleh calon Bupati.

Untuk yang kedua debat hanya diikuti oleh calon Wakil Bupati dan ketiga akan diikuti oleh keduanya dibulai Mei mendatang.

"Debat ini juga akan disiarkan di televisi. Kita juga sedang merencanakan bagaimana agar debat nanti bisa ditayangkan di stasiun TV swasta. Agar lebih dinikmati aja kalau TV swasta ini. Belum tau juga kita ini mau bekerjasama dengan stasiun TV swasta apa, tergantung dengan anggaran yang kita punyalah nanti memadai apa tidak. Kalau tema yang jelas berbeda-bedalah nanti setiap pelaksanaan debat," kata Bobby.

Hingga saat ini belum dapat dipastikan apakah hanya pasangan calon Ashari Tambunan dan M Ali Yusuf saja sebagai satu-satunya calon Bupati dan Wakil Bupati Deliserdang.

Hal ini lantaran Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Sofyan Nasution dan Jamilah masih berjuang di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN). Hingga kini perkaranya pun masih terus bergulir.(*)

Penulis: Indra Gunawan
Editor: Arifin Al Alamudi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help