Pelatihan dan Sosialisasi dari Bank Sumut Memperluas Pengetahuan Bisnis Pengusaha UMKM

Beberapa waktu lalu Ibrahim Sembiring mengajukan proposal untuk mendapatkan bantuan dari program

Pelatihan dan Sosialisasi dari Bank Sumut Memperluas Pengetahuan Bisnis Pengusaha UMKM
TRIBUN MEDAN/AYU
Ibrahim Sembiring mengajukan proposal untuk mendapatkan bantuan dari program kredit Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari Bank Sumut. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Ayu Prasandi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Beberapa waktu lalu Ibrahim Sembiring mengajukan proposal untuk mendapatkan bantuan dari program kredit Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari Bank Sumut.

Proposalnya dikabulkan dan dia mendapat bantuan perangkat tungku pembakaran keramik.

“Bantuan yang sangat berguna sekali bagi usaha saya. Mempermudah, di samping menekan biaya karena dengan adanya tungku ini kami dapat melakukan proses pembakaran sendiri,” kata Irwansyah.

Baca: Proses Kredit di Bank Sumut Tak Bertele-tele

Meski begitu, Irwansyah mengatakan dia masih sering mengalami ketersendatan dalam mengembangkan usahanya yang berkibar dengan bendera ‘Tembikar Lestari’ ini.

Bukan menyangkut modal melainkan strategi bisnis dan inovasi. Karena itulah Irwansyah mengharapkan Bank Sumut dapat memberikan bantuan yang lain berupa fasilitas pendidikan, pelatihan, dan sosialisasi.

“Bukan cuma saya. Beberapa kawan pelaku UMKM lain, merasakan hal serupa. Kami kesulitan melakukan pengembangan usaha karena minimnya pengetahuan bisnis. Jadi agak sulit kita kalau mau bersaing, terutama sekali ke luar daerah.

Baca: OJK Apresiasi Ekspansi Bank Sumut ke Pulau Batam dan Pulau Tello

Perlu lebih dari sekadar kualitas dan kekhasan agar produk kita bisa kompetitif dengan produk daerah lain,” ujarnya saat ditemui di show room Tembikar Lestari di Jalan Medan- Lubukpakam Km 13, Deliserdang ini.

Irwansyah mengemukakan, pelatihan-pelatihan bisnis dan adanya sosialisasi yang diberikan pada para pelaku UMKM menyangkut inovasi dan strategi-strategi pemasaran terbaru.

“Memang, di luar banyak pelatihan dan seminar diselenggarakan oleh lembaga-lembaga tertentu. Tapi, kan, rata-rata mahal sekali biaya investasinya. Jika Bank Sumut membuka fasilitas seperti ini, akan lebih membantu. Saya pribadi berharap ini tidak terlalu muluk dan dapat diwujudkan,” katanya.(pra/tribun-medan.com)

Penulis: Ayu Prasandi
Editor: Ismail
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help