LPPM Unika Gelar Workshop Tembus Jurnal Internasional

Sebanyak 61 peserta ikut ambil bagian dalam Workshop Writing Research Paper yang diadakan Unika Santo Thomas Medan

LPPM Unika Gelar Workshop Tembus Jurnal Internasional
TRIBUN MEDAN/IST
KOORDINATOR Kopertis Wilayah 1 Sumut, Dian Armanto (tengah) memberikan sambutan saat menghadiri Workshop Writing Research Paper yang diadakan Unika Santo Thomas Medan di Gedung Rektorat Unika Santo Thomas Medan, Kamis (12/4/2018). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN – Sebanyak 61 peserta ikut ambil bagian dalam Workshop Writing Research Paper yang diadakan Unika Santo Thomas Medan bekerjasama dengan IEEE CSS/RAS Joint Chapter Indonesia dan Ikatan Alumni Unika Santo Thomas di Gedung Rektorat Unika Santo Thomas Medan, Kamis (12/4/2018). Kegiatan ini diikuti 61 peserta yang merupakan mahassiwa dan dosen dari lingkungan dan luar kampus Unika Santo Thomas Medan.

Ketua Panitia Workshop, Surya Abadi Sembiring mengatakan, kegiatan seperti ini sudah pernah dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM), namun kegiatan ini dilaksanakan kembali. Kegiatan ini, kata Rosa bertujuan untuk semakin mengasah keterampilan para dosen dan mahasiswa di kota Medan pada umumya dan dosen serta mahasiswa di Unika Santo Thomas pada khususnya.

Surya menjelaskan, target dari kegiatan ini adalah peserta mampu menghasilkan jurnal yang mampu menembus jurnal internasional terindeks SCI/E dan scopus. Dikatakan Surya, jurnal merupakan output dari sebuah penetlitian atau kegiatan akademik lainnya. Jurnal internasional yang terindeks merupakan suatu pencapaian yang sangat baik bagi seorang dosen. Akan tetapi, untuk dapat menghasilkan sebuah jurnal yang diterima di jurnal internasional yang terindeks merupakan pekerjaan yang cukup sulit dan membutuhkan kerja keras.

Baca: Alumni Unika Santo Thomas Medan Gelar Seminar Sumut Bebas dari Narkoba

Kemenristekdikti sendiri menjadikan jurnal internasional sebagai syarat bagi berbagai kegiatan seperti syarat pengajuan proposal penelitian, dan syarat wajib bagi dosen dengan jabatan akademik Lektor Kepala.

“Berangkat dari kondisi ini, maka menghasilkan sebuah jurnal internasional yang terindeks merupakan suatu hal yang sangat penting bagi seorang dosen. Hal inilah melatarbelakangi LPPM  Unika Santo Thomas kembali melakukan kegiatan peningkatan kapasitas di bidang penulisan jurnal internasional tersebut,” kata Surya.

Wakil Ketua Panitia, Rosa Tampubolon mengatakan, narasumber yang hadir dalam workshop ini adalah Arjon Turnip yang merupakan Vice Chairof IEEE Indonesia CSS RAS. Dalam workshop ini, Arjon memberikan beberapa materi terkait pembuatan jurnal internasional yakni: cara mengutip (citation index), cara melihat seminar dan jurnal yang layak (conferences and journals), cara review pada umumnya (reviews process), cara mencari penerbit (looking for appropriate publication), tata bahasa Inggris (english in paper), cara menulis jurnal (writing paper), cara mengirim dan cara memperbaiki jurnal (paper submission and revising paper) dan diskusi draft jurnal (paper coaching).

Baca: Unika Santo Thomas-Panin Sekuritas Kerjasama Pengelolaan Investasi

Sementara itu,  Koordinator Kopertis Wilayah 1 Sumut, Dian Armanto dalam sambutannya menyamb ut baik dilaksanakannya workshop ini. Dian mengharapkan agar kegiatan ini dilaksanakan berkelanjutan. “Kegiatan ini harus tetap diadakan untuk meningkatkan publikasi ilmiah para dosen. Saya mengapresiasi kegiatan ini,” katanya.(*)

Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help